Pengalaman Hosting Gratis Freehostia dan 000webhost


free-cloud-hosting-web
Dalam membangun sebuah blog atau situs peran hosting sangatlah besar karena tanpa adanya hosting maka blog/situs kita tidak akan bisa diakses di internet. Karena peran itulah tidak heran kalau harga sewa hosting merupakan anggaran yang paling besar dan dapat menyedot hingga 70% dari total anggaran. Harga hosting pun bervariasi mulai dari yang paling murah sekitar Rp. 75.000 hingga jutaan rupiah pertahunnya tergantung fitur dan layanan yang disediakan.
Bagi yang sangat sensitif dengan harga, menggunakan hosting gratisan merupakan suatu pilihan yang cukup realistis, di dunia internet ini ada ratusan hosting gratisan namun setidaknya ada dua pemain besar yang paling banyak digunakan oleh orang yaitu 000webhost dan Freehostia. Mereka benar-benar menawarkan layanan hosting yang gratis dengan fitur yang hampir sama dengan layanan hosting berbayar plus tanpa iklan-iklan di blog atau situs pengguna.
Saya pribadi telah menggunakan layanan-layanan tersebut baik 000webhost dan Freehostia dan memberikan pengalaman yang berbeda pula. Dan saya akan mereviewnya satu persatu dengan kelebihan dan kekurangannya:
000webhost_com-logo2
Merupakan pemimpin layanan hosting gratis dengan ratusan ribu pelanggan. Menawarkan fitur yang sangat fantastis bila dibandingkan dengan hosting berbayar. Pelanggan akan mendapatkan 1,5 GB disk space, 100 GB Bandwith, 2 MySql Database, PHP, Custom Panel, Fantastico dan uptime 99%. Layanan ini sangat lebih dari cukup untuk personal blog dan kalau dikonversikan ke layanan hosting berbayar maka harganya bisa mencapai kurang lebih Rp. 500.000/pertahun.

Kelebihannya:

  1. Provider hosting gratis paling populer didunia.
  2. Banyak direkomendasikan oleh para netter dan blogger.
  3. Jumlah pengguna banyak.
  4. Akses ke Cpanel cepat.
  5. Cpanel ringan, ringkas dan minimalistis.

Kekurangannya:

  1. Proses registrasi yang sulit saya beberapa kali mendaftar namun selalu mendapat notifikasi bahwa account kita akan dipreview dulu oleh administrator tanpa tahu kapan akan diaktifkan.
  2. Sangat sulit juga untuk menambah domain baru jika kita telah terdaftar disana. Beberapa bulan yang lalu saya berhasil menambah 2 domain saya dengan 1 account saja namun sekarang tidak bisa lagi.
  3. Jaminan uptime yang hanya 99%.
  4. Fasilitas Fantastico tidak dapat digunakan, jadi harus menginstall CMS sendiri di direktori kita. (hoax)
  5. Jika kita telah menginstall WordPress, akses ke dashboard dan blog sangat lambat.
  6. Layanan pelanggan hanya dari forum dan responnya pun lambat.
  7. Tidak ada layanan .htaccess sehingga kita harus membuat sendiri.
Bukti:
Berdasarkan ujicoba uptime 000webhost via Host Tracker dari lokasi server diseluruh dunia yang dicoba, 34 server berhasil dan 12 server gagal. Klik disini.
Freehostia

Freehostia juga pemain yang cukup disegani di dunia hosting gratis dengan menawarkan layanan yang jauh dibawah 000webhost. Adapun fiturnya yaitu 250 MB disk space, 6 GB bandwith, Elefante Autoinstaller, 1 MySql database, PHP dan uptime 99,9%. Layanan ini sangat cocok untuk personal blog. Jika dikonversikan ke layanan berbayar maka harganya kurang lebih Rp. 200.000/tahun.

Kelebihannya:

  1. Proses registrasi yang cepat dan tanpa masalah.
  2. Fasilitas Elefante sangat hebat kita tidak perlu menginstall secara manual CMS dan langsung diaktifkan begitu kita mendaftar. (+++)
  3. Akses ke dashboard WordPress sangat cepat dan reliable begitu juga dengang blog-nya.
  4. Layanan pelanggan yang sangat responsif dan cepat. Saya pernah mengajukan pertanyaan dan langsung dijawab hanya dengan waktu 9 menit. Dapat via email atau ticket dari Cpanel. (+++).
  5. Support layanan .htaccess.
  6. Uptime 99.9%

Kekurangannya:

  1. Akses ke Cpanel lambat.
  2. Tidak bisa mengaktifkan plugin Aksimet dan WP Stats di WordPress karena API Key tidak bisa dikoneksikan ke WordPress.
  3. Transfer file via Cpanel hanya 500Kb saja dan kalau mau upload lebih dari itu harus memakai software FTP sendiri.
Bukti:
Berdasarkan ujicoba uptime Freehostia via Host Tracker dari lokasi server diseluruh dunia yang dicoba, semua server yang berjumlah 43 berhasil alias 100 %. Klik disini.
Kesimpulan:
  • Bagi saya saat ini Freehostia sangat cocok untuk kebutuhan blog personal dan layanan yang mereka tawarkan sesuai dengan apa yang saya harapkan.
  • Setiap hosting gratisan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing oleh sebab itu jangan memilih hosting gratisan yang terbaik tapi yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Jangan berharap lebih dari hosting gratisan.
  • Data sangat penting, sering-seringlah memback-up data anda.

Komentar

Postingan Populer