Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf untuk Mencurahkan Rasa


kata-kata menyesal dan minta maaf - tere liye
Tidak semua orang bisa mengungkapkan apa yang dirasakan dengan mudah, apalagi rasa sesal dan bersalahnya. Kalau kamu termasuk salah satunya, gunakan saja kata-kata menyesal dan minta maaf dalam artikel ini sebagai referensi. Ada banyak kutipan yang mungkin bisa mewakili perasaanmu.
Sering kali kamu mungkin ingin mencurahkan rasa penyesalan tapi tidak bisa merangkai kata-kata yang tepat. Nah kebetulan sekali, pada artikel berikut kamu bisa mendapatkan kata-kata menyesal dan minta maaf yang dapat mewakili perasaanmu. Tak hanya melulu soal cinta, tapi tentang kehidupan pun ada.
Dalam menjalani hidup memang manusia tak akan pernah bisa lepas dari rasa sesal. Baik itu karena kesalahan yang telah dilakukan dengan sengaja maupun tidak, atau bisa juga tentang kesempatan yang terlewat begitu saja. Tapi dari hal-hal tersebutlah kamu dapat belajar untuk tak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.
Penasaran apa saja kutipan tentang penyesalan dan minta maaf tersebut? Langsung saja baca selengkapnya di bawah ini, ya!

Kata-Kata Penyesalan Terdalam

kata-kata menyesal dan minta maaf - mesin waktu

1. Tak Akan Mengulangi

Sesungguhnya di balik kata maaf, ada janji untuk menjadi lebih baik dan tak mengulangi kesalahan yang sama.
Kata maaf mungkin begitu mudah diucapkan tanpa kamu memahaminya. Maaf akan menjadi percuma jika kamu terus mengulangi dan tak belajar dari kesalahan yang sama.
Maka dari itu, apabila kamu memang meminta maaf kepada seseorang lakukanlah dengan setulus hati. Berjanjilah pada orang tersebut dan dirimu sendiri bahwa kamu tak akan mengulangi perbuatan yang sama, seperti apa yang tertulis dalam kutipan di atas. Jika tidak, maafmu tak akan ada artinya.

2. Menghantui Pikiran

Kata ‘seandainya’ dan ‘seharusnya telah’ akan terus menghantui pikiranmu. John O’ Callagh
Apa yang ada di benakmu ketika membaca kata-kata menyesal dan minta maaf di atas? Bisa jadi kamu teringat akan beberapa kejadian di masa lalu yang hingga sekarang masih terus membayangi langkahmu.
Kamu memang tak akan pernah bisa mengubah apa yang telah terjadi. Tapi, tidak sepatutnya hal tersebut terus menerus diratapi, apalagi hingga mengacaukan kehidupan yang sedang kamu jalani sekarang. Jadikanlah penyesalan itu sebagai pelajaran untukmu supaya tak melakukan kesalahan yang sama di masa mendatang.

3. Mesin Waktu

Aku berharap mesin waktu benar-benar ada. Supaya aku bisa kembali ke masa lalu untuk menghapus semua penyesalanku.
Kamu tentu pernah melihat film animasi Doraemon, kan? Sebuah robot kucing yang mempunyai berbagai macam alat ajaib, salah satunya adalah mesin waktu. Kira-kira apa yang akan kamu lakukan jika mesin waktu itu benar-benar ada?
Mungkin salah satu hal yang akan kamu lakukan adalah kembali ke masa lalu dan memperbaiki semuanya supaya tak ada penyesalan yang tertinggal. Pun kamu akan meminta maaf atas semua kesalahan yang membuatmu begitu tersiksa, tepat seperti kata-kata penyesalan diri ini.

4. Maafkan Aku

Ibu, maafkan aku yang sering bertutur kata tidak santun. Sesungguhnya tak terbayangkan olehku apabila hidup tanpamu.
Terenyuh hingga ingin menangis, mungkin itu adalah dua hal yang kamu rasakan saat membaca kata-kata menyesal dan minta maaf ini. Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah bertengkar dengan orangtuanya. Entah terjadi karena masalah sepele atau perbedaan prinsip pasti saja kamu pasti pernah melakukannya.
Dari pertengkaran tersebut, kata-kata yang kamu lontarkan mungkin saja menyakiti hati mereka. Sebelum semuanya terlambat dan berakhir dengan penyesalan, segeralah memohon maaf. Karena kamu tidak akan pernah tahu akan sampai kapan bisa bersama dengan mereka.

5. Seandainya

Seandainya saja aku bisa lebih baik mengatakan pada orang-orang tentang perasaanku.
Kalau kamu bukan termasuk orang yang pandai untuk mengungkapkan perasaanmu kepada orang lain, mungkin kamu akan mengamini kata-kata menyesal dan minta maaf ini. Mungkin masih terekam jelas di otakmu berapa banyak kesempatan yang terlewatkan karena tidak segera menyatakan perasaan.
Hidupmu pun kini dibayangi oleh penyesalan yang memberatkan langkah. Memang tidak mudah untuk mengubah begitu saja karaktermu yang seperti itu. Setidaknya, cobalah untuk mengungkapkannya, supaya kamu tak terus menerus digerogoti penyesalan.

Kata-Kata Bijak Tentang Penyesalan

kata-kata menyesal dan minta maaf - terakhir

1. Menunda Taubat

Kebanyakan jeritan para penghuni neraka itu adalah penyesalan karena menunda taubat mereka. Hadis
Apa yang kamu rasakan ketika membaca kata-kata penyesalan dosa di atas? Merasa takut atau tertohokkah? Wajar jika kamu merasa demikian karena manusia memang tak jauh dari perbuatan dosa.
Jika kamu menyadari telah melakukan dosa yang besar, segera bertobatlah sebelum waktumu habis. Mohon maaf dan ampunlah kepada Sang Pencipta, supaya kamu tak menyesal di kemudian hari, seperti kata-kata menyesal dan minta maaf islami ini.

2. Terakhir Kali

Bukankah sangat menakutkan bahwa kapanpun bisa jadi terakhir kali kamu berbicara dengan seseorang?
Ketika membaca kutipan ini, mungkin kamu bertanya kenapa kalimat ini termasuk dalam kata-kata menyesal dan minta maaf. Nyatanya, kalimat tersebut mengandung makna yang begitu dalam yang juga masih ada kaitannya juga dengan penyesalan.
Sering kali kamu mendengar berita tentang kepergian seseorang dan orang-orang di sekitarnya berkata, “Padahal kemarin saya baru saja berbicara padanya.” Berapa lama manusia bisa hidup di dunia tak ada satu orang pun yang tahu. Maka dari itu, sering-seringlah berbuat baik, meminta maaf kalau memang melakukan kesalahan, dan sampaikan apa yang dirasakan sebelum kamu berakhir dengan penyesalan.

3. Jangan Berhenti

Ada saatnya kamu akan menyadari bahwa membuka lembar selanjutnya adalah perasaan yang paling membahagiakan di dunia. Karena kamu sadar ada sesuatu yang lebih berharga dalam buku tersebut daripada hanya berhenti pada lembar terakhirmu. Zayn Malik
Penyanyi asal Inggris, Zayn, memutuskan untuk meninggalkan boy band yang membesarkan namanya dan memilih berkarir solo. Mungkin kamu berpikir, apa dia tidak menyesal telah meninggalkan grup yang membesarkan namanya, dan meniti lagi dari bawah. Tapi kalau ternyata, pilihan kedua membuatnya menjadi lebih bahagia, kenapa tidak?
Belajar dari kisah Zayn ini, kamu bisa mengambil pelajaran bahwa selagi masih muda, cobalah semua peluang jika kamu punya kesempatan. Tak perlu takut jika kamu mengalami kegagalan karena pasti akan ada kesempatan yang lain. Paling tidak kamu sudah mencoba, daripada nanti kamu akan menyesal karena tak pernah mengambil kesempatan itu.

4. Hal yang Disesali

Bicaralah saat kamu marah dan kamu akan mengeluarkan kata-kata yang akan kamu sesali. Laurence J. Peter
Pada saat sedang marah, kamu tentu tidak bisa berpikir panjang. Untuk mengeluarkan amarah, bisa jadi kamu mengatakan hal yang tidak semestinya dan menyakiti orang lain. Padahal, bisa saja yang menjadi penyebab amarahmu adalah kesalahpahaman semata.
Ada pepatah yang mengatakan “Jangan membuat janji ketika kamu senang dan jangan mengambil keputusan ketika sedang marah.” Nah, pepatah tersebut sejalan dengan kata bijak mengenai penyesalan ini. Jangan bertindak terlalu gegabah dan terbawa emosi karena jika hal tersebut terjadi kamu mungkin akan menyesal.

5. Hidup Ini Singkat

Percayalah kawan, hidup itu terlalu singkat untuk diisi dengan dengan penyesalan. Alit Susanto
Pernahkah kamu mendengar ungkapan bahasa Jawa “Urip iku mung mampir ngombe” yang berarti hidup begitu singkat layaknya orang berhenti sejenak untuk minum? Sesingkat itulah hidup maka kamu jangan menyia-nyiakan pada suatu hal yang kurang berguna. Salah satunya adalah terus berkubang dalam penyesalan.
Saat melakukan kesalahan, wajar ketika kamu menyesalinya. Namun, akan menjadi tidak wajar ketika kamu terus-terusan meratapinya dan membuat hidup yang kamu jalani ini menjadi tak bermakna.
Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Inspirasi Penuh Makna Sebagai Penyemangat Hidup

Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf dari Novel Indonesia

kata-kata menyesal dan minta maaf - raditya dika

1. Sebelum Beku

Minta maaf, dengan segenap konsekuensinya, harusnya mudah dilakukan oleh siapapun yang belum beku. Sujiwo Tejo, Ngawur Karena Benar
Tak semua orang mudah untuk meminta maaf, meskipun dia tahu telah melakukan kesalahan. Tapi, hal itu bukanlah sesuatu yang bisa dibenarkan. Manusia memang sering melakukan kesalahan, sehingga sudah sewajarnya meminta maaf jika berlaku salah.
Memang benar adanya kata-kata menyesal dan minta maaf yang diambil dari penulis asal Jawa Timur ini. Jika hati manusia tidak beku atau keras hati, tentu saja meminta maaf adalah hal yang mudah. Tapi ingat, jika meminta maaf harus dilakukan dengan sepenuh hati dan tunjukkan kalau kamu memang benar-benar menyesali dan tak akan mengulangi perbuatanmu lagi.

2. Maafkan Aku

Aku cuma bisa minta maaf. Aku tau mungkin aku gak pantes buat minta maaf. Raditya Dika, kambing Jantan
“Minta maaf kok, gitu. Ini sebenarnya niat minta maaf apa nggak?” Kalimat tersebut mungkin yang ada di benakmu saat membaca kata-kata menyesal dan minta maaf yang dikutip dari novelis lucu ini. Namun, pos bagus kata-kata tersebut sebenarnya mempunyai arti yang dalam, lho.
Pada kalimat kedua ini, ia benar-benar menunjukkan penyesalan karena mungkin kesalahannya terlalu fatal hingga tak bisa dimaafkan. Kutipan ini mungkin bisa jadi referensi untukmu meminta maaf pada sang pujaan hati.

3. Lewati Masa

Aku benar-benar minta maaf kamu harus melewati masa-masa itu tanpa penjelasan. Membuatmu bertanya-tanya, membuatmu menunggu. Tere Liye, Hujan
Pernahkah kamu berada dalam situasi pada kutipan ini? Kamu membuat seseorang yang begitu menyayangimu menunggu terlalu lama dan tak ada suatu kejelasan. Kamu pun bagai orang bodoh yang terlambat menyadari ketika orang itu sudah pergi.
Saat itu, hal yang bisa kamu lakukan hanyalah meminta maaf padanya dengan tulus. Berjanjilah untuk tidak mengulanginya.

4. Kita Dulu Sahabat

Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat? Alvi Syahrin, Little Snow in Zurich
Kalau tadi sudah membicarakan penyesalan tentang cinta, kini beralih ke kata-kata menyesal dan minta maaf tentang persahabatan. Dalam menjalin pertemanan, sering kali pertengkaran pun tak terhindarkan. Mungkin hanya berawal dari masalah sepele, tapi bisa mengakhiri jalinan pertemanan yang telah lama terjalin lama begitu saja.
Saat suatu hari kamu menyadari bahwa hal tersebut terjadi karena kesalahanmu, maka berbesar hatilah untuk meminta maaf. Sebelum kamu menyesal dan akan kehilangan sahabatmu.

5. Kuncinya adalah mencoba

Bagaimana kau tahu apakah orang-orang memaafkanmu atau tidak, jika kau bahkan tidak pernah mencoba meminta maaf? Damala Shobita, Hello After Goodbye
Pernahkah kamu melakukan suatu kesalahan tapi merasa ragu-ragu untuk minta maaf? Salah satu pemicu keraguanmu itu mungkin karena kamu takut orang tersebut akan menolaknya.
Nah, kamu tak akan mengetahuinya kalau belum mencoba. Kumpulkan keberanianmu dan tunjukkan padanya bahwa kamu benar-benar menyesal. Orang tersebut pasti akan bisa melihat kesungguhanmu.
Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Inspirasi Penuh Makna Sebagai Penyemangat Hidup

Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf tentang Cinta

kata-kata menyesal dan minta maaf - kebodohan

1. Selalu Membuatmu Kecewa

Maaf jika terkadang aku tak seperti yang kamu harapkan dan selalu membuatmu kecewa.
Kamu tentu selalu ingin membahagiakan orang yang kamu cintai, tapi apa ada manusia tak ada yang sempurna. Terkadang timbul perasaan menyesal dalam dirimu karena merasa tak mampu untuk membuatnya bahagia. Kamu berpikir bahwa kamu hanya membuatnya kecewa padahal kamu sudah berusaha semampumu.
Apabila kamu sedang berada pada situasi seperti ini, kamu bisa kirim kata-kata menyesal dan minta maaf karena telah mengecewakan ini untuk kekasihmu. Tapi jangan berkecil hati ya, pasanganmu tentu tahu seberapa besar usahamu.

2. Tak Maksud Melukaimu

Aku memang tak sempurna, kadang ucapanku tajam. Tapi, tak ada maksudku untuk melukaimu.
Saat memberi nasihat atau pendapat pada kekasihmu, kamu bisa jadi terlalu ngotot saat menyampaikannya. Bahkan terkadang kamu menggunakan kata yang bisa dikatakan sedikit kasar. Maksudmu sih supaya dia segera menyadari kesalahannya.
Tapi, apakah kamu berpikir kalau hal itu bisa menyakiti hatinya? Saat melihatnya sedih dan murung, kamu pun jadi menyesali tindakanmu tersebut. Mungkin lain kali kamu harus menggunakan kata-kata yang lebih halus, misalnya dengan guyonan mungkin tak akan membuatnya terlalu sakit hati.

3. Cinta dalam Hati

Menanggung beban karena menyukai, mencintai seseorang yang tak pernah bisa digapai hanya membuat dirinya dihantui penyesalan dan kesengsaraan yang konyol. Sheva Thalia
Tak hanya ketika putus cinta, penyesalan juga bisa datang ketika kamu tidak bisa mengungkapkan perasaanmu kepada seseorang yang disuka. Kamu pun jadi berandai-andai apa yang terjadi seandainya kamu berani berbicara padanya. Bisa saja kesempatan untuk bersamanya itu ada.
Dari kata penyesalan cinta ini, kamu bisa belajar untuk lebih berani dalam menyatakan perasaanmu. Ketakutan-ketakutan yang bercokol di benakmu mungkin saja tidak akan pernah terjadi. Jadi, perjuangkan cintamu, ya!

4. Manusia Bodoh

Bodohnya aku meninggalkanmu demi kepalsuan yang baru kusadari di akhir.
Saat menjalin sebuah hubungan, mungkin ada saat di mana kamu merasa bosan dengan kekasihmu. Kebosanan itu kemudian membuatmu berpaling dan mencari sosok yang baru. Namun, ternyata langkahmu itu berujung pahit, sepahit kopi hitam. kamu pun menyesal karena telah berpaling dan menyia-nyiakan kekasihmu.
Saat kamu telah menyadari kesalahanmu, menyesali dan minta maaf pun tak akan cukup untuk mengembalikan dia ke sisimu lagi. Anggaplah apa yang terjadi padamu adalah harga yang pantas atas perbuatanmu. Jadikan itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

5. Pergi Begitu Saja

Mungkin aku memang menyesal dan terkadang aku berharap aku akan pergi begitu saja saat kamu menyapaku pertama kali.
Apakah kamu pernah merasakan menyesal kenal dengan seseorang? Jika iya, tentu sakit sekali ya rasanya.
Tapi, janganlah terlalu menyesali hubunganmu dengan sang mantan yang telah berlalu itu. Anggaplah ia sebagai sebuah pelajaran hidup. Yakin saja suatu hari nanti kamu akan bertemu dengan orang yang lebih baik darinya.
Baca juga: Caption Bijak untuk Instagram untuk Membangkitkan Semangat Positifmu

Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf Diambil dari Lagu

kata-kata menyesal dan minta maaf - the rose

1. Aku juga Terluka

Maafkan aku karena menyalahkanmu untuk segalanya yang tak bisa kulakukan. Aku pun menyakiti diriku sendiri karena telah melukaimu. Christina Aguilera, Hurt
Pernahkah kamu berada pada situasi di mana kamu menyalahkan kekasihmu padahal di situ kamulah yang bersalah? Setelah merenung, akhirnya kamu pun menyesal bahwa kamu telah melukainya. Kamu pun jadi menyadari bahwa melukainya sama dengan melukai diri sendiri.
Kata-kata menyesal dan minta maaf ini mungkin bisa kamu gunakan untuk minta maaf kepadanya. Tunjukkan kalau kamu benar-benar menyesal dan tak akan mengulanginya lagi.

2. Kembalilah Padaku

Aku benar-benar minta maaf, kumohon kembalilah padaku lagi. The Rose, Sorry
Mungkin kamu kurang familier dengan grup band asal Negeri Gingseng yang satu ini. Popularitas grup band memang tak secemerlang boy band seperti EXO. Namun jangan salah, karya mereka pun tak kalah bagus, lho.
Salah satu contoh liriknya yang bermakna dalam adalah kata-kata menyesal dan minta maaf yang diambil dari lagunya yang berjudul Sorry di atas. Kamu bisa menggunakan kutipan ini untuk meminta maaf dan menunjukkan penyesalanmu pada kekasih yang kau sakiti.

3. Tetap Merasa Sendiri Meski Bersama

Sayang maafkan aku, bahkan saat bersamamu aku tetapi merasa sendirian. Aku memang tak terlalu mengerti tentang cinta. 2NE1, Lonely
Kesepian mungkin tak hanya dirasakan oleh para kaum single, orang yang sedang menjalin cinta pun ternyata masih bisa merasakannya. Menurutmu, kenapa hal itu bisa terjadi?
Salah satu alasannya bisa jadi karena menjalin hubungan dengan orang yang salah. Apabila kamu sedang berada dalam situasi yang demikian, kamu bisa menggunakan lirik lagu dari mantan rekan selabel BLACKPINK ini untuk mencurahkan perasaanmu.

4. Kembali ke Masa Lalu

Seandainya saja aku menyadari yang telah aku punya saat bersamamu. Aku ingin kembali ke bulan Desember dan membuat semuanya baik-baik saja. Taylor Swift, Back to December
Siapa sih yang tidak tahu Taylor Swift? Salah satu penyanyi perempuan kebangsaan Amerika Serikat yang begitu berbakat dengan lagu-lagu yang temanya begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Penyesalan memang selalu datang terlambat dan membuatmu menyadari akan arti hadirnya seseorang yang telah kamu sia-siakan. Dan kamu pun rasanya ingin memutar lagi waktu agar tak melakukan kesalahan itu, tepat seperti kata-kata menyesal dan minta maaf yang diambil dari lirik lagu sahabat Selena Gomez di atas.

5. Ribuan Kali

Aku telah menghubungi ribuan kali, untuk mengatakan meminta maaf akan semua hal yang telah kulakukan. Adele, Hello
Adele memang dikenal dengan lagu-lagunya yang indah dengan lirik yang menyayat hati. Salah satu contohnya adalah kata-kata menyesal dan minta maaf yang diambil dari lagunya yang berjudul Hello.
Untuk kamu yang pernah mengalami hal tersebut, pasti akan mengiyakan kata-kata di atas. Apapun akan kamu lakukan termasuk menghubunginya berkali-kali agar mendapatkan maaf dan juga mendapatkan ketenteraman hidup kembalimu. Karena berada dalam sebuah penyesalan itu sungguh menyiksa.
Baca juga: Kata Kata Cinta Sedih yang Mampu Menggambarkan Perasaanmu

Ungkapkan Rasa Penyesalanmu Menggunakan Kata-Kata Menyesal dan Minta Maaf Ini

Itulah tadi beberapa kutipan kata-kata penyesalan yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan perasaanmu. Semoga kamu menemukan apa yang kamu cari, ya!
Jika kamu salah, minta maaflah. Bila ada kesempatan yang bisa diambil, cobalah. Dan jika kamu memiliki hal untuk dibicarakan pada seseorang, ungkapkanlah.
Kalimat-kalimat tersebut memang terlihat sederhana saat kamu membacanya. Namun, pada kenyataannya, tidak mudah untuk dilakukan. Kamu harus mencobanya agar tidak ada rasa sesal di kemudian hari.
Ingatlah kata pepatah yang berkata bahwa lebih baik untuk mencoba daripada tidak sama sekali. Tetap semangat!

Komentar

Postingan Populer