Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Tersayang yang Mengharukan


Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Charles Dickens, Nicholas Nickleby
Berpisah dengan seorang sahabat pasti rasanya tidak menyenangkan. Sehingga tidak ada salahnya kalau kamu memberikan kata-kata perpisahan untuk sahabat padanya. Tujuannya tentu saja agar perpisahan itu tidak terasa terlalu menyedihkan. Coba cek beberapa kata-katanya di sini, yuk!
Kalau kamu sedang mencari kata-kata perpisahan untuk sahabat yang kamu sayangi, artikel ini adalah tempat yang tepat. Di sini kamu bisa menemukan inspirasi kalimat yang bisa menjadikan perpisahan kalian tidak terasa terlalu menyakitkan.
Setiap ada pertemuan, pastilah ada perpisahan. Baik itu berpisah untuk sementara atau jangka waktu yang lebih lama. Mana pun itu, setiap perpisahan pasti akan menimbulkan kesedihan.
Apalagi jika kamu harus berpisah dengan orang terdekat dalam hidupmu, seperti sahabat. Rasa sedih yang kamu rasakan itu pun akhirnya akan terasa hingga berlipat ganda.
Ingin tahu lebih lanjut tentang kata-kata perpisahan sahabat apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk cek artikel ini sekarang juga!

Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Sekolah

Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Anna Taylor

1. Selalu di Dalam Hati dan Pikiranmu

Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya. Anonim
Hal yang paling berat dilakukan semasa masih di sekolah adalah ketika harus mengucapkan kata-kata perpisahan untuk teman sekelasmu. Mengetahui bahwa kemungkinan kalian tidak akan bisa bertemu lagi setiap hari setelah ini. Apalagi kalau ternyata sahabatmu itu memutuskan untuk pindah ke luar kota atau bahkan luar negeri selepas lulus.
Tapi kamu harus tahu, kalau kamu dan sahabatmu itu sudah memiliki koneksi hati, berpisah karena kelulusan bukanlah hal yang besar. Karena sejauh apa pun kalian berdua, ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya.

2. Seperti Hari Pembalasan

Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam. Anonim
Kata-kata perpisahan sahabat yang satu ini bisa kamu berikan sebagai bahan candaan dengan teman-temanmu, lho! Seolah mengingatkan bahwa kelulusan itu bukan hanya sekedar tentang berpisah dari rekan sekolahmu.
Di sini, kelulusan disamakan dengan hari pembalasan, di mana kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam. Kalau kamu sudah melakukan yang terbaik saat bersekolah bersama sahabatmu, kamu akan merasakan lebih ringan ketika melakukan perpisahan.

3. Dampak Besar Dalam Hidupmu

Beberapa orang datang dan membuat dampak yang indah dalam hidupmu hingga kamu tidak lagi ingat seperti apa hidupmu tanpa keberadaan mereka. Anna Taylor
Memiliki sahabat ketika berada di sekolah bisa dibilang adalah hal terbaik yang terjadi dalam hidupmu. Apalagi kalau ia sudah meninggalkan jejak kenangan yang sangat indah semasa berada di sekolah.
Seperti halnya kata-kata perpisahan untuk sahabat ini, yang menekankan tentang dampak indah yang diciptakan oleh sahabatmu. Sebegitu indahnya hingga kamu tidak ingat seperti apa hidupmu sebelum berkenalan dengannya.

4. Pentingnya Berpisah

Jangan merasa kecewa dengan ucapan selamat tinggal. Sebuah perpisahan itu penting sebelum kamu bisa bertemu lagi. Dan sebuah pertemuan adalah hal yang pasti kalau kalian memang berteman. Richard Bach
Daripada terus bersedih, akan lebih baik kalau kamu mengucapkan kata-kata perpisahan termanis untuk sahabatmu. Karena terkadang, sebuah perpisahan itu penting dilakukan.
Kalau kamu dan sahabatmu memang berjodoh, kalian pasti akan dipertemukan lagi. Kemudian pertemuan itu pasti akan menjadi kenangan baru yang jauh lebih indah.

5. Bukanlah Akhir

Perpisahan mungkin terasa seperti selamanya, tapi itu bukanlah akhir. Terutama sebagai kenangan dalam hatiku dan di sanalah kamu akan berada. The fox and the Hound
Biasanya, berpisah akan dihubungkan dengan akhir dari pertemuan, padahal sebenarnya belum tentu seperti itu. Seperti kata-kata perpisahan sahabat di atas, berpisah dengan seseorang tidak berarti kamu tidak akan bertemu dengan orang tersebut lagi.
Apalagi kalau kamu masih memiliki segala memori tentang teman-teman dekatmu selama di sekolah. Pada akhirnya, kenangan kalianlah yang akan selalu mempertemukan kalian kembali.

Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat di Tempat Kerja

Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat - Ken Terate

1. Hadiah untuk Sang Pemberani

Kalau kamu cukup berani untuk mengucapkan selamat tinggal, hidup akan menghadiahimu dengan sebuah sapaan baru. Paulo Coelho
Ketika kamu memiliki seorang teman dekat di tempat kerjamu, berpisah dengannya tentu juga akan menjadi hal yang sangat menyedihkan. Baik itu berpisah karena rekanmu itu pindah cabang atau bahkan pindah kantor.
Daripada bersedih hati, lebih baik kamu berikan kata-kata perpisahan sahabat yang satu ini. Bahwa kalau ia memiliki keberanian untuk mengucapkan selamat tinggal, jalan baru akan terbuka di depannya.

2. Indahnya Pertemuan

Perpisahan memang dibuat untuk menjadikan pertemuan kembali terasa indah sekali. Ken Terate
Kebanyakan orang normalnya pasti tidak akan suka berpisah dengan orang terdekatnya. Apalagi jika orang tersebut adalah sahabat yang sudah menemani dalam suka dan duka di kantor.
Namun, kamu tidak perlu lagi merasa sedih yang terlalu berlebihan ketika berpisah. Karena pada akhirnya perpisahan itu memang harus ada sehingga ketika bertemu kembali rasanya akan menjadi lebih mengharukan.

3. Mengendalikan Dirimu Sendiri

Kau memiliki otak di dalam kepalamu. Kau memiliki kaki di dalam sepatumu. Kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri ke arah mana pun yang kamu mau. Dr Seuss
Ketika kamu berpisah dengan sahabatmu di tempat kerja, tentunya akan lebih baik kalau kau mendoakan keberhasilannya. Karena tentunya kamu akan selalu berharap sahabatmu itu selalu dalam keadaan yang baik dan sukses.
Salah satu caranya adalah dengan memberikan motivasi berupa kata-kata perpisahan untuk sahabat yang satu ini. Di mana kamu akan selalu percaya pilihan apa pun yang dibuat sahabatmu itu adalah yang terbaik. Dan di baliknya, kamu akan selalu mendoakan segala kebaikan untuknya juga.

4. Menjadi Sahabat

Kau telah menjadi sahabatku. Hal tersebut sudah menjadi hal yang luar biasa. E. B. White, Charlotte’s Web
Dengan segala persaingan yang terjadi di tempat kerja, tak mudah memang mendapatkan sahabat. Sehingga mendapatkan seorang sahabat di tempat kerja tentunya akan menjadi sebuah hal yang istimewa.
Namun, ketika seseorang yang akhirnya bisa kamu sebut sebagai sahabatmu itu harus berpamitan karena alasan tertentu, kamu tentu akan merasa sedih. Kata-kata perpisahan untuk sahabat ini bisa kamu berikan padanya untuk menunjukkan betapa berharganya ia dalam hidupmu.

5. Akan Merindukan Sahabatmu

Bersenang-senang dan berbahagia di sini tidak akan mudah tanpa orang hebat sepertimu. Tempat kerja ini pastinya akan merindukanmu. Anonim
Memiliki seorang sahabat di tempat kerja tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa mengurangi stres dalam pekerjaan. Bahkan, sering kali kamu juga bisa bersenang-senang dengannya setelah jam kerja selesai.
Tapi pasti sedih rasanya kalau kamu harus berpisah dengan sahabatmu itu. Kata-kata perpisahan untuk sahabat ini bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan kesedihanmu, lho. Tunjukkan padanya bahwa tempat kerja kalian tidak akan sama tanpa kehadirannya.
Baca juga: Kata Kata Bijak Kehidupan yang Menginspirasi dan Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Sejati

Kata-Kata Perpisahan Sahabat - Mahatma Gandhi

1. Tidak Akan Merasakan Berpisah

Perpisahan hanya akan terjadi pada mereka yang mencintai dengan matanya. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwanya, tidak akan merasakan perpisahan. Rumi
Sahabat sejati adalah seseorang yang keberadaannya akan selalu ada di hati tanpa mempedulikan jarak. Tidak semua orang cukup beruntung memilikinya. Jika kamu memiliki satu, kamu harus menjaganya baik-baik.
Bahkan ketika kalian berdua harus berpisah sekalipun. Kamu bisa menunjukkan rasa cinta dengan kata-kata perpisahan sahabat ini. Beritahukan padanya bahwa kalian berdua tidak akan benar-benar berpisah selama masih saling menyayangi dengan sepenuh hati dan jiwa.

2. Susah Mengucapkan Selamat Tinggal

Betapa beruntungnya aku memiliki sesuatu yang membuatku merasa susah mengucapkan perpisahan. A.A. Milne, Winnie the Pooh
Karena tidak semua cukup beruntung memiliki seorang sahabat, kamu harus benar-benar menunjukkan perasaan itu. Terutama ketika kalian berdua harus berpisah karena suatu hal.
Salah satunya adalah menggunakan kata-kata perpisahan untuk sahabat yang diucapkan oleh tokoh kartun beruang terkenal ini. Tunjukkan kalau kamu merasa sangat beruntung memilikinya meskipun berat berpisah dengan sahabatmu tersayang itu.

3. Tidak Ada Selamat Tinggal

Tidak ada perpisahan di antara kita. Di manapun kamu berada, kamu akan selalu berada di dalam hatiku. Mahatma Gandhi
Sering kali berpisah dengan sahabatmu akan terasa seperti akhir dari dunia. Padahal, tidak selalu seperti itu.
Bahkan seandainya kalian harus berpisah sekalipun, kalian akan selalu bersama. Setidaknya di dalam hatimu dan sahabatmu.

4. Hidup dalam Kenangan

Selama kenangan akan seorang sahabat yang kusayangi masih hidup di dalam hatiku, aku akan selalu berkata hidupku menyenangkan. Helen Keller
Berpisah dengan sahabat yang paling kamu sayangi memang mengesalkan. Terkadang kamu sampai merasa hidupmu tak lagi terasa menyenangkan tanpa keberadaannya.
Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya hidupmu masih akan bisa terasa menyenangkan bahkan seandainya sahabatmu itu tidak berada di dekatmu? Bukan dengan cara melupakannya, tapi justru dengan segala memori tentangnya yang ada di dalam pikiranmu. Sehingga kalian akan selalu dekat di dalam hati dan pikiran.

5. Bagian dari Hidupmu Menghilang

Ketika seorang teman pergi jauh, kamu terus bergerak maju. Namun, ketika seorang sahabat yang berpisah darimu, bagian dari hidupmu ikut menghilang. Misti Hemlock
Kata-kata perpisahan untuk sahabat sejati yang selanjutnya bisa kamu berikan untuk menunjukkan betapa kehilangannya kamu tanpa dirinya. Karena kamu tidak hanya menganggapnya sebagai teman biasa.
Kamu nggak akan terus bergerak maju dengan mudah meskipun ia sudah pergi jauh, karena ia adalah sahabatmu. Sehingga ketika ia berpisah darimu, kamu pun merasa sedih. Seolah bagian dari hidupmu ikut menghilang.
Baca juga: Kumpulan Kata Kata Cinta Komplit Dengan Berbagai Nuansa

Kata-Kata Bijak Perpisahan Sahabat ala Mario Teguh

Kata-Kata Perpisahan Sahabat - Mario Teguh

1. Tidak Memendam Kenangan Pahit

Bukan bagaimana cara kita supaya tidak berpisah dengannya, melainkan bagaimana caranya supaya ketika perpisahan datang, bukan kenangan pahit yang harus dipendam. Mario Teguh
Hal terberat ketika berpisah dengan sahabatmu adalah mengetahui bahwa kamu tidak akan bisa bersama-sama dengannya lagi. Kamu mungkin mencari cara agar tidak berpisah dengan sahabatmu itu.
Padahal berdasarkan kata-kata perpisahan sahabat dari motivator kondang Indonesia ini, bukan perpisahan itu yang seharusnya kamu khawatirkan. Namun, bagaimana caranya agar tidak ada kenangan pahit yang masih kamu pendam pada sahabatmu itu.

2. Berhentilah Menangis

Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah. Mario Teguh
Tangisan pasti akan muncul ketika kamu dan sahabatmu harus berpisah. Ketika itu terjadi, kamu bisa menggunakan kata-kata perpisahan sahabat yang satu ini.
Pastikan bahwa tidak akan lagi ada tangisan di antara kalian berdua. Bahwa kalian harus berpisah dengan senyum dan tawa, lalu saling berjanji suatu hari kalian akan bertemu lagi.

3. Perpindahan Menuju Keabadian

Sebuah perpisahan bukanlah akhir dari kehidupan. Karena hal itu adalah perpindahan menuju sebuah keabadian. Mario Teguh
Jangan pernah takut berpisah dengan sahabatmu. Apalagi jika perpisahan itu tidak bersifat selamanya. Suatu hari nanti akan ada waktunya kalian bertemu lagi dalam situasi dan kondisi yang berbeda.
Seperti halnya kata-kata perpisahan untuk sahabat dari Mario Teguh ini. Perpisahan itu bukanlah akhir dari segalanya, namun justru proses menuju hubungan persahabatan yang lebih baik.

4. Awal dari Keindahan

Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya. Mario Teguh
Orang bilang setiap pertemuan itu adalah awal dari perpisahan. Kemudian beranggapan setelah kalian berpisah, kalian tidak akan bisa bertemu lagi seterusnya.
Padahal, seperti kata-kata perpisahan sahabat ini, seharusnya berpisah adalah awal dari indahnya pertemuan yang akan kalian lakukan suatu hari nanti. Dengan segala rasa rindu yang selama ini terpendam ketika kalian terpisah.

5. Mengambil Hikmah di Balik Derita

Jika sebuah perpisahan itu indah, maka katakanlah keindahan yang Anda rasakan, tapi ketika Anda menemui bahwa perpisahan itu menyakitkan, maka terdiam tanpa kata dan mengambil hikmah di balik derita adalah hal yang paling bijak yang pernah Anda lakukan. Mario Teguh
Sering kali, perpisahan itu meninggalkan rasa sedih yang menyakitkan dan menyayat hati. Entah karena ada hal yang mengganjal ketika berpisah atau karena perpisahan itu terpaksa terjadi akibat hal yang tidak menyenangkan.
Ketika rasa sakit yang terasa saat berpisah, lebih baik kamu tidak terlalu menunjukkan rasa sakit itu. Seperti kata-kata perpisahan untuk sahabat yang ini, akan jauh lebih bijak kalau kamu berdiam diri dan mengambil hikmah di balik kesedihan itu.
Baca juga: Kumpulan Kata Kata Motivasi Hidup untuk Raih Cinta & Kesuksesan

Kata-Kata Perpisahan Sahabat dari Novel atau Film

Kata-Kata Perpisahan Sahabat - Susan Donnel, Pocahontas

1. Sebuah Ucapan Terima Kasih

Ini bukanlah perpisahan, sayangku. Ini adalah sebuah ucapan terima kasih. Nicholas Sparks, Message in a Bottle
Banyak orang yang tidak menyukai perpisahan. Bahkan, beberapa akan berusaha untuk menghindarinya sebisa mungkin. Namun, ketika perpisahan itu mau tak mau harus terjadi, apa yang akan kamu lakukan?
Apakah kamu akan tetap mengingkarinya juga? Daripada mengingkarinya, bukankah akan menjadi lebih baik kalau kamu menjadikannya sebagai kenangan. Sebagai bentuk terima kasih karena sudah menjadi sahabat yang baik selama ini.

2. Jangan Mengucapkan Selamat Tinggal

Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal karena selamat tinggal berarti pergi selamanya. Dan pergi selamanya berarti melupakan. J.M. Barrie, Peter Pan
Salah satu cara untuk tidak terlalu bersedih ketika berpisah dengan sahabatmu adalah menghindari ucapan selamat tinggal. Karena seperti yang diucapkan kata-kata perpisahan sahabat dari film yang satu ini, selamat tinggal berarti pergi selamanya.
Padahal, kamu tidak ingin berpisah untuk selamanya dengan sahabatmu itu. Apalagi sampai melupakannya. Jangan sampai, deh!

3. Tidak Masalah Berpisah

Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi. Charles Dickens, Nicholas Nickleby
Berpisah dengan sahabat sejati itu tidak akan terjadi untuk selamanya. Nantinya, jika waktu dan situasinya sudah tepat, kalian pasti akan dipertemukan kembali.
Pertemuan itu pasti akan terasa sangat indah ketika sudah terjadi. Sebegitu indahnya, hingga kamu tidak akan teringat lagi rasa sakit yang terasa ketika kalian harus berpisah.

4. Seperti Mati Sedikit

Mengucapkan perpisahan itu sama halnya seperti sedikit merasa mati. Raymond Chandler, The Long Goodbye
Tidak ada yang mau mengucapkan kata berpisah, terutama jika harus diucapkan pada sahabatnya sendiri. Segala kenangan yang sudah kalian bangun bersama selama ini, seolah menjadikan kalian tak akan terpisahkan.
Seperti halnya sepasang sepatu yang selalu berjalan bersisian. Sehingga akan ada sakit yang terasa ketika kalian harus terpisahkan.

5. Mudah Diucapkan

Selamat tinggal adalah kata yang mudah diucapkan, tapi tidak mudah diberikan pada sahabatmu. Susan Donnell, Pocahontas
Bagi beberapa orang, selamat tinggal mungkin adalah kata-kata perpisahan yang mudah diucapkan. Terutama jika kalian tidak memiliki keterikatan yang dalam.
Namun, bagi sahabat sejati yang sudah saling mengerti luar dan dalam, kata-kata perpisahan sahabat tersebut menjadi frasa yang tabu diucapkan. Karena nantinya bisa menimbulkan rasa sedih yang mendalam dan tangis yang tak berkesudahan.
Baca juga: Motto Hidup Singkat Tapi Bermakna yang Bisa Membangkitkan Semangatmu

Selalu Mengenang Temanmu dengan Kata-Kata Perpisahan Sahabat yang Mengharukan

Berpisah dengan sahabatmu memang hal yang sangat menyedihkan. Bahkan mungkin kamu merasa tidak ingin berpisah dengan sahabatmu, meskipun perpisahan itu hanya bersifat sementara sekalipun.
Padahal, seharusnya kamu ingat kalau memang kalian masih berjodoh suatu saat nanti kalian pasti masih bisa bertemu lagi. Jadi, jangan merasa sedih yang terlalu berlebihan, ya!
Editor: Nurul Aprilianti

Komentar

Postingan Populer