Fungsi Search Engine dan Manfaat Untuk Perkembangan Bisnis


Fungsi Search Engine dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Bisnis-01
Search engine atau mesin pencari adalah program yang mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Database ini berisi alamat dan koten situs-situs tertentu yang ada di World Wide Web (WWW).  Jadi jelas, fungsi search engine adalah untuk mencari informasi dari database, tapi apa hanya sesederhana itu saja?
Search engine ini biasanya terhubung dengan jaringan internet dan dapat diakses oleh siapa saja yang mempunyai akses internet. Mendata dan mendaftarkan berbagai informasi mengenai situs web, database, dan lain sebagainya.
Di artikelnya sudah dibahas sedikit megenai Panduan Dasar SEO, sedangkan pada artikel ini kami akan membahas mengenai fungsi search engine, dan bagaimana cara kerja search engine. Selain itu, di bagian akhir, sebagai tambahan informasi akan diulas terkait dengan contoh algoritma dan search engine.
Daftar Isi

Fungsi Search Engine Secara Umum

Secara singkat, fungsi search engine adalah menyediakan informasi berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine yaitu mendaftar/mengindeks/mendata (atau biasa dikenal dengan crawling) situs yang ada di internet.
Meskipun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, tapi banyak pemilik situs web dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine.
Tujuannya, jika seseorang mencari situs di search engine maka situs webnya akan muncul di hasil pencarian. Menariknya, ini akan dapat menjadi salah satu teknik pemasaran produk (marketing) yang keren.
  • Mengindeks Alamat dan Konten di Situs Web

Fungsi search engine yang pertama adalah untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. “Bot” atau “Crawler” yang ada di search engine menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamatnya hyperlink-nya.
Setelah menjelajah, data yang diperoleh disimpan dan menghasilkan daftar indeks situs web yang sangat besar. Salah satu search engine terbesar di dunia, Google, di tahun 2017 saja sudah mempunyai lebih dari 130 triliun halaman situs web.
Tidak semua halaman situs web dicatat oleh search engine. Pada hasil pencarian, hanya halaman-halaman tertentu saja yang ditampilkan. Hanya halaman situs web yang diberikan izin oleh pemilik situs saja yang dapat di-crawling.
  • Menyediakan Informasi Melalui Kata Kunci

Apa yang dilakukan search engine setelah memperoleh informasi dan konten dari berbagai situs web tersebut? Tentu saja untuk memudahkan pengguna internet untuk memperoleh informasi yang dicari.
Saat ini kebanyakan orang akan mencari informasi melalui mesin pencari. Terhitung, setiap hari lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Setidaknya, tidak kurang dari 40 ribu pencarian dilakukan setiap detiknya dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.
Fungsi Search Engine - Live Stat
Sumber: http://www.internetlivestats.com/
Hampir seluruh informasi, semua ada di mesin pencari seperti Google. Semakin banyak pengguna menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi, maka peluang untuk memasarkan produk semakin terbuka melalui internet. Itulah kenapa, saat ini banyak orang menggunakan media online sebagai sarana promosi produk atau memasarkan produk mereka.
  • Media Pemasaran

Fungsi search engine yang sekarnag banyak dipelajari adalah sebagai media pemasaran.
Bertambahnya jumlah pengguna dengan pencarian yang fantastis setiap detiknya membuat mesin pencarian menjadi media pemasaran modern saat ini. Pengguna dapat mencari apa saja melalui mesin pencari, termasuk barang-barang yang ingin mereka beli. Mesin pencari membuat pencarian informasi semakin mudah.
Pemilik usaha hanya tinggal membuat konten yang menarik, dan membuatnya terindeks oleh mesin pencari. Setelah itu, tinggal menunggu beberapa saat bisa jadi beberapa hari sampai dengan mesin pencari mengenalinya. Setelah itu, setiap orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu akan menampilkan produk atau konten yang pemilik usaha buat.
Sebagai contoh, ketika pengguna melakukan pencarian di Google Search Engine dengan kata kunci  “Hosting Indonesia”, maka akan muncul konten atau layanan yang berhubungan dengan hosting indonesia. Anda juga dapat membayar penyedia mesin pencari untuk mendapatkan prioritas pada saat pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Fungsi Search Engine - Iklan Search Engine
Gambar salah satu mesin pencari saat dilakukan pencarian dengan kata kunci hosting indonesia.
Di tahun 2018 ini, content marketing menjadi metode pemasaran yang menarik untuk dipelajari dan digunakan. Para pengusaha dan pemilik usaha sudah mulai sadar peran dari mesin pencari sebagai media pemasaran yang menarik untuk dicoba. Sudahkah siapkah Anda untuk mencobanya juga?
Tidak hanya Google, ada beberapa mesin pencari yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk atau layanan. Hanya saja, untuk saat ini mesin pencari yang paling banyak penggunanya adalah Google. Jadi, bisa dibilang Google adalah medan perang marketing online saat ini.

Contoh Search Engine yang Tersedia di Internet dan Pangsa Pasar (Market Share) Oktober 2018

Google, mesin pencari terbesar di dunia mencatat lebih dari 72% pencarian dari pengguna di seluruh dunia. Hasil ini jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin pencarian lainnya, seperti Bing dan Yahoo. Bing dan Yahoo hanya mempunyai kurang dari 10% total keseluruhan. 
Selain itu, ada beberapa beberapa sistem dengan fungsi mesin pencari yang terkenal di beberapa negara tertentu saja, misalnya Baidu (China), Yandex (Russia), and Naver (South Korea). Secara umum fungi search engine semuanya hampir sama, yaitu menampilkan informasi yang pengguna cari.
  • Google (72.37%)

Tidak perlu penjelasan lagi, Google adalah search engine (mesin pencari) terbesar di dunia saat ini. Berdasarkan survei dari Net Market Share, Google menguasai setidaknya 72.37% pencarian desktop di seluruh dunia. Sedangkan pencarian mobile/desktop tidak kurang 92% pencarian.
Saking banyaknya pengguna yang memanfaatkan Google sebagai mesin pencari, di tahun ini, situs Google.com menjadi situs yang paling banyak dikunjungi di tahun 2018 berdasarkan Alexa Rangking.
  • Baidu (13.94%)

Didirikan tahun 2000, Baidu menjadi situs pencarian yang populer di China. Baidu mempunyai peningkatan yang signifikan. Baidu melayani bermilyar pencarian setiap bulannya, mempunyai pangsa pasar sebesar 13% berdasarkan Net Market Share.
Baidu hanya fokus melayani pasar lokal di China. Berbeda dengan Google yang melayani pasar global dibandingkan dengan pasar lokal.
Baidu dikabarkan menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja. Padahal di persaingan global, Google mempunyai pangsa pasar lebih dari 90%, sedangkan Baidu hanya 1%.
  • Bing (7.70%)

Bing adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Microsoft. Mesin pencari ini setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Perubahan ini tak lain adalah untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google.
Bing merupakan mesin pencari default yang ada di sistem operasi Windows. Sampai dengan saat ini, pangsa pasarnya sampai dengan saat ini sudah lebih besar dari Yahoo!, yaitu sebesar 7.70%.
  • Yahoo! (4.06%)

Gerbang terbukanya dunia teknologi informasi salah satunya adalah Yahoo!. Perusahaan yang ‘dulu’ sempat besar ini sudah mulai hilang peminatnya. Di tahun 2000-an layanan ini menjadi layanan yang sangat terkenal. Mengenalkan pengguna mengenai email, chat, dan program mesin pencarian.
Sampai dengan saat ini Yahoo hanya menyisakan pangsa pasar sebesar 4.06%, sangat jauh dibandingkan Google yang dulunya sempat ditawarkan ke Yahoo.
  • Yandex (1.01%)

Yandex, perusahaan yang berada di Rusia ini juga mengembangkan mesin pencari sendiri yang bernama Yandex Search. Mesin pencari ini memproses lebih dari 4.5 milyar pencarian setiap bulannya. Pangsa pasar di seluruh dunia sebesar 1.01%, sangat jauh dibandingkan dengan Google.
Yandex lebih populer di kalangan orang Rusia. Ini menjadi kebangga tersediri bagi orang-orang di sana. Meskipun sudah ada Google yang menjadi raja mesin pencari di seluruh dunia.

Kesimpulan

Search engine (mesin pencari) menjadi teknologi yang sangat berguna beberapa tahun ini. Tidak menutup kemungkinan, teknologi ini akan semakin berkembang dan menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan informasi.
Fungsi-fungsi search engine yang semakin berkembang dan bertambah mampu menawarkan kemudahan pengguna untuk memperoleh informasi. Bahkan ketergantungan terhadap mesin pencari bisa terjadi, karena kebanyakan orang ketika ingin mencari informasi melalui internet masuk melalui pintu mesin pencari.
Pengguna yang sangat banyak membuat mesin pencari menjadi peluang tersendiri untuk memasarkan produk atau jasa bagi pemilik usaha atau perusahaan. Melalui situs web atau media sosial.
Sebuah situs web tentu saja membutuhkan server web hosting atau Virtual Private Server (VPS) untuk menyimpan data-datanya. Tak ada salahnya mencoba untuk memasarkan produk melalui mesin pencari dengan menggunakan hosting indonesia yang handal.
Anda juga dapat membaca beberapa artikel pendukung yang sebelumya sudah pernah kami buat,

Komentar

Postingan Populer