Kumpulan Motto Hidup Islami yang Bisa Dijadikan Semboyan


Kumpulan Motto Hidup Islami - Nabi Muhammad S.A.W
Semboyan atau motto hidup merupakan ungkapan positif yang bisa dijadikan penyemangat di kehidupan sehari-hari. Kalau kamu beragama Islam dan lagi cari semboyan, kamu bisa mendapatkan inspirasi lewat kumpulan motto hidup islami di artikel ini.
Seperti iman, semangat bisa naik turun kadarnya di kehidupan sehari-hari. Untuk kamu yang muslim, mungkin bisa mencoba mengembalikannya dengan membaca kumpulan motto hidup islami ini.
Nggak cuma bisa memompa semangat, kata-kata bijak bernada religius ini juga sekaligus mengajakmu mengingat Sang Pencipta, lho! Apalagi ada beberapa kutipan yang memang diambil dari hadist Rasulullah, keluarga dan sahabat beliau, tokoh islami dunia, juga ayat Alquran.
Kalau ada yang sesuai dengan apa yang kamu alami saat ini, ambil aja sebagai semboyan barumu. Nggak hanya satu, kamu pun bisa ambil beberapa atau malah semuanya sekaligus.
Semoga saja dengan memiliki semboyan ini, kamu jadi lebih bergairah dalam menjalani hidup. Tanpa perlu panjang lebar, mari simak selengkapnya di sini!

Kumpulan Motto Hidup Islami tentang Kehidupan

Kumpulan Motto Hidup Islami - Anonim

1. Serahkan pada Allah

Ingatlah Allah saat hidup tak berjalan sesuai keinginanmu. Allah pasti punya jalan yang lebih baik untukmu. Anonim
Hidup ini tak selalu berjalan sesuai dengan keinginanmu. Saat itu terjadi, janganlah marah atau menyalahkan Allah. Justru kamu harus yakin, kalau Allah punya jalan lain yang lebih baik untukmu.
Lebih baik, berdoalah agar kamu diberikan kekuatan untuk melalui semua ini. Siapa tahu setelah semuanya berlalu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan penyabar.

2. Ketika Masalah Jadi Terlalu Berat

Saat masalahmu jadi terlalu berat untuk ditangani, beristirahatlah dan hitung berkah yang sudah kau dapatkan. Anonim
Selain berdoa agar diberi kekuatan, kamu juga bisa mengingat-ingat kembali berkah yang telah diberikan Allah kepadamu selama ini. Yakin deh, pasti jumlahnya tak terhingga.
Apa iya, setelah diberi semua berkah itu, kamu marah kepada-Nya hanya karena ada satu-dua keinginanmu yang tidak dikabulkan? Tentu tidak, kan?

3. Hidup yang Tak Sempurna

Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah janah. Nourman Ali Khan
Seperti disebutkan kumpulan motto hidup islami sebelumnya, hidup ini tak akan pernah sempurna. Tapi tak mengapa, karena ini bukanlah janah atau tempat peristirahatan terakhir kita.
Lebih baik, fokuslah mencari bekal untuk hidup di akhirat kelak. Kalau kita hanya fokus pada kehidupan yang sementara ini, bisa-bisa kita malah kehabisan waktu dan tak sempat mendapatkan apa-apa.

4. Hikmah di Balik Cobaan

Saat Allah mendorongmu ke tebing, yakinlah kalau hanya ada dua hal yang mungkin terjadi. Mungkin saja Ia akan menangkapmu, atau Ia ingin kau belajar bagaimana caranya terbang. Anonim
Ada lagi nih, kumpulan motto hidup islami yang patut kamu jadikan pegangan saat halangan menghadang. Yakin deh, segala sesuatu di dunia ini pasti diciptakan Allah dengan suatu tujuan, termasuk halangan dan rintangan itu sendiri.
Anggap saja rintangan ini sebagai ujian agar kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi selanjutnya. Semakin banyak rintangan yang bisa kamu kalahkan, semakin meningkat pula level atau kemampuanmu dalam menjalani hidup.

5. Tanggung Jawab yang Ada di Setiap Hembusan Nafas

Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga tanggung jawab. Anonim
Yup, seringkali kita lupa kalau seiring dengan hembusan nafas yang kita keluarkan, ada tanggung jawab yang menyertainya. Kita diturunkan di dunia ini bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi juga memiliki tugas dan tanggung jawab.
Jangan sekadar menuntut apa yang menjadi hakmu tanpa memenuhi tanggung jawabmu. Hiduplah dengan sebaik-baiknya dan sebarkan kebaikan pada sesama. Jangan sampai berkah yang sudah diberikan Tuhan untukmu ini jadi sia-sia.

Kumpulan Motto Hidup Islami Singkat Bermakna tentang Ibadah

Kumpulan Motto Hidup Islami - Nabi Muhammad S.A.W

1. Amalan yang Dicintai Allah

Amalan yang lebih dicintai Allah adalah amalan yang terus-menerus dilakukan walaupun sedikit. Nabi Muhammad S.A.W
Pernah nggak, ragu untuk beribadah karena merasa belum siap? Mau sedekah, tapi nggak jadi karena kamu hanya punya gopek. Mau baca Al Quran, tapi batal karena ngerasa kamu cuma punya waktu 5 menit.
Sebenarnya, tak mengapa kalau saat ini kamu hanya bisa beribadah sedikit. Asalkan, kamu rutin melakukan dan berusaha meningkatkannya seiring berjalannya waktu. Daripada hari ini sedekah Rp5 juta tapi setelah itu kamu tak pernah beramal lagi sama sekali?

2. Menghisab dan Menimbang Diri Sendiri

Hisablah dirimu sendiri sebelum kau dihisab. Timbanglah dirimu sendiri sebelum kau ditimbang. Dan bersiaplah untuk hari besar ditampakkannya amal. Umar bin Khattab
Usai dikecewakan oleh seseorang, terkadang kita jadi terlalu fokus dengan semua keburukan yang dimilikinya. Kita lupa kalau diri kita sendiri juga tak sempurna dan penuh cela.
Padahal suatu saat nanti, kita akan dihadapkan dengan perhitungan terbesar di dunia. Yakni saat semua amal dan dosa kita ditimbang sebelum akhirnya mendapat balasan. Daripada terlalu disibukkan dengan keburukan orang lain, yuk fokus perbaiki diri sendiri dulu.

3. Bagaimana Dirimu Terlihat

Semakin kau peduli bagaimana dirimu terlihat di hadapan Allah, semakin kau tak peduli bagaimana dirimu terlihat di hadapan manusia. Yasmin Mogahed
Ada nggak, di antara kamu yang ragu buat memakai jilbab atau beribadah karena takut dibilang sok suci? Mungkin kamu perlu menjadikan kumpulan motto hidup Islami dan maknanya ini sebagai sentilan halus untuk diri sendiri.
Kalau dipikir-pikir, memangnya pendapat mereka bakal bermanfaat buat akhiratmu kelak? Jangan sampai kekhawatiranmu itu menjauhkanmu dari pahala dan malah membuahkan dosa.

4. Cara Allah Menjawab Doa

Allah selalu menjawab doamu dengan 3 cara. Pertama, langsung mengabulkannya. Kedua, menundanya. Ketiga, menggantinya dengan yang lebih baik untukmu. Anonim
Yakinlah kalau Allah tidak akan menolak doamu. Sebaliknya, Allah akan menjawabnya melalui tiga cara. Yakni langsung mengabulkannya, menundanya, atau menggantinya dengan yang lebih baik.
Kalau memang tidak langsung dikabulkan, jangan buru-buru kecewa dan putus asa. Yakinlah Allah lebih tahu apa yang terbaik untukmu. Dan mungkin, Allah ingin mengajarkanmu tentang kesabaran dalam sebuah penantian.

5. Menghindari dunia

Zuhud bukan berarti kamu tidak boleh memiliki sesuatu, melainkan tidak ada satu hal pun yang boleh memilikimu. Ali bin Abi Thalib
Zuhud sering diidentikkan dengan meninggalkan dunia untuk mengejar akhirat. Sampai-sampai, banyak yang salah paham mengira kita harus hidup tanpa harta untuk bisa memiliki sifat zuhud.
Ali bin Abi Thalib memberikan penjelasannya lewat salah satu kumpulan motto hidup Islami ini. Zuhud bukan berarti kita tak boleh memiliki harta sama sekali. Tapi, jangan sampai harta itu menguasai dan menjauhkanmu dari tujuan yang sebenarnya, akhirat.
Baca juga: Kata Kata Gombal buat Pacar yang Romantis dan Menghibur

Kumpulan Motto Hidup Islami tentang Waktu & Kesabaran

Kumpulan Motto Hidup Islami - Imam bin Al Qayyim

1. Yang Lebih Buruk dari Kematian

Menyia-nyiakan waktu lebih buruk dari kematian. Karena kematian memisahkanmu dari dunia sementara menyia-nyiakan waktu memisahkanmu dari Allah. Imam bin Al Qayim
Terkadang kita terlalu fokus dengan kegiatan yang kalau dipikir-pikir, sebenarnya tak terlalu berguna. Sampai-sampai, kita jadi melupakan kewajiban terhadap Sang Pencipta.
Nggak apa-apa sih, sesekali bersenang-senang dan mencari hiburan. Tapi, usahakan jangan sampai berlebihan dan keterusan. Jadikan kutipan ini sebagai pengingat dan pendorong diri untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

2. Dunia yang Ibarat Bayangan

Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
Saat mengejar bayangan, kita acap kali lupa kalau dia hanya terbentuk saat matahari ada. Begitu juga saat berusaha meraih cita-cita. Kita sering kali dipenuhi nafsu lalu melupakan akhirat dan Sang Pencipta.
Padahal kesuksesan tak akan kamu dapatkan tanpa restu dari Tuhan. Jadi selain berusaha, jangan lupa untuk bersabar, berdoa, dan memohon rezeki dari-Nya.

3. Makna Kesabaran

Sabar bukan tentang berapa lama kau bisa menunggu. Melainkan tentang bagaimana perilakumu saat menunggu. Anonim
Hayo, siapa yang ngaku sabar tapi suka marah-marah sendiri kalau doanya nggak dikabulkan Tuhan? Iya sih, pada akhirnya kamu tetap menunggu. Tapi kalau selama menunggu itu kamu ngumpat melulu, ya nggak jadi sabar namanya.
Daripada penantianmu jadi nggak berpahala dan hanya buang waktu saja, yuk belajar sabar. Yakni dengan memperbaiki perilaku seperti kata salah satu kumpulan motto hidup Islami pendek ini.

4. Orang yang Paling Pemaaf

Orang yang paling pemaaf adalah ia yang mau memaafkan meski bisa membalas dendam. Imam Husain
Akan lebih mudah memaafkan seseorang kalau kamu sudah tak bisa melakukan apa-apa lagi. Tapi, bagaimana kalau sebenarnya kamu punya kesempatan untuk membalas dendam?
Akankah kamu memanfaatkannya, atau justru berusaha menguasai hawa nafsu dan memaafkannya? Kalau memilih yang kedua, berarti kamu tergolong orang paling pemaaf seperti diterangkan kumpulan motto hidup Islami dari Imam Husain ini.

5. Lebih Baik Diam

Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam. Nabi Muhammad S.A.W
Lidah lebih tajam dari pedang. Mungkin kamu sudah sering mendengar pepatah bijak singkat itu. Meskipun tak bertulang, dia bisa melukai hati dan menorehkan luka yang sulit diobati.
Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bersilat lidah. Bahkan meski kamu sedang disakiti orang lain sekalipun. Rasulullah pun pernah bersabda bahwa kita lebih baik diam kalau tidak bisa mengeluarkan kata-kata yang baik.
Baca juga: Kumpulan Kata Kata Cinta Komplit Dengan Berbagai Nuansa

Kumpulan Motto Hidup Islami Keren tentang Cinta

Kumpulan Motto Hidup Islami - Anonim Pernikahan

1. Pria yang Tepat Dinanti

Pria yang tepat tidak akan menjauhkanmu dari Tuhan. Kalau ia menjauhkanmu dari Allah, berarti ia pria yang salah. Abdul Bary Yahya
Kalimat di atas cocok buat para perempuan islami yang sedang bimbang menentukan siapa pangeran idamannya. Jangan cuma lihat tampangnya aja, perhatikan juga akhlaknya.
Tampang boleh ganteng dan bikin klepek-klepek kaya Aliando. Tapi kalau dia justru mengajakmu berbuat dosa, hmm… yakinkah kalau dia memang yang terbaik bagimu?

2. Jangan Mencintainya

Jangan mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah. Kalau ia bisa meninggalkan Allah, ia juga bisa meninggalkanmu. Imam Syafi’i
Mirip dengan kutipan sebelumnya, jadikan akhlak sebagai pertimbangan utama untuk memilih pangeran idamanmu. Kalau dia berani meninggalkan Tuhan, yakinkah kalau dia tidak akan meninggalkanmu?
Kalau benar-benar menyukaimu, pasti dia ingin yang terbaik untukmu. Termasuk salah satunya dengan membimbingmu untuk selalu mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa.

3. Sudah Bersama Sejak Awal

Sepasang kekasih tidak pada akhirnya bertemu di suatu tempat. Mereka sudah saling mengisi satu sama lain sejak awal. Rumi
Buat yang galau karena merasa masih belum bertemu dengan pangerannya, jangan khawatir. Ingatlah selalu motto hidup Islami tentang cinta dari Rumi ini.
Kalau kalian memang ditakdirkan bersama, yakinlah suatu saat kalian akan bersatu. Sambil menunggu, teruslah berdoa dan berusaha memantaskan diri agar kamu benar-benar siap saat waktunya tiba.

4. Terakhir Kali

Selalu tinggalkan orang-orang yang kau cintai dengan kata-kata indah. Mungkin inilah terakhir kalinya kau melihatnya. Mufti Ismail Menk
Orang yang dicintai di sini bukan hanya terbatas pada lawan jenis. Tapi juga ayah, ibu, saudara, dan sahabatmu tersayang.
Setiap berpisah, jangan sampai ada amarah yang tersimpan dalam diri kalian. Selalu berpisahlah dengan kata-kata indah. Tak ada yang tahu, mungkin saja setelah itu kalian benar-benar akan berpisah selamanya.

5. Hanya yang Kuat yang Mampu

Semua orang bisa jatuh cinta. Tapi hanya mereka yang kuatlah yang bisa menjaganya tetap halal. Anonim
Kamu yang sudah sering belajar agama mungkin tahu kalau dalam Islam sebenarnya tidak ada konsep pacaran. Satu-satunya cara untuk melegalkan cinta hanyalah melalui pernikahan.
Masalahnya, kalau kamu masih muda, mungkin belum siap untuk melakukannya sekarang. Perbanyaklah puasa dan ibadah untuk menguatkan imanmu hingga saatnya tiba nanti.
Baca juga: Kata Kata Bijak Kehidupan yang Menginspirasi dan Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Kumpulan Motto Hidup Islami tentang Ilmu dan Pendidikan

Kumpulan Motto Hidup Islami - Ali bin Abi Thalib

1. Karunia Paling Lengkap

Karunia Allah yang paling lengkap adalah kehidupan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan. Ali bin Abi Thalib
Kutipan bijak Islami dari Ali bin Abi Thalib di atas memang benar. Walaupun mungkin selama ini kamu tak merasakannya, sebenarnya kita tidak akan bisa hidup normal tanpa ilmu.
Bayangkan saja kalau tak ada bahasa, ilmu alam, ilmu agama, dll. Mungkin kehidupan kita hanya akan didasarkan pada insting. Lalu, apa gunanya kita punya otak untuk berpikir? Apa yang membedakan kita dari mamalia lainnya?

2. Bertindak Tanpa Ilmu

Seseorang yang bertindak tanpa ilmu ibarat bepergian tanpa petunjuk. Dan sudah banyak yang tahu kalau orang seperti itu sekiranya akan hancur, bukan selamat. Hasan Al Basri
Pernahkah kamu melakukan perjalanan ke luar negeri atau tempat asing tanpa petunjuk? Apa yang terjadi saat itu? Kemungkinan besar kamu akan tersesat. Baru bisa sampai tujuan kalau kamu sudah menggunakan otakmu atau bertanya pada yang lebih tahu.
Begitu pula kalau kamu tak menggunakan ilmu saat bertindak. Bisa-bisa kamu malah membuat kesalahan yang merugikan dan menghancurkan dirimu sendiri. Makanya, motivasi dirimu untuk selalu belajar dan menambah ilmu.

3. Musibah Paling Besar

Bencana akibat kebodohan adalah sebesar-besarnya musibah seorang manusia. Imam Al Ghazali
Masih mending kalau hanya dirimu sendiri yang rugi. Tapi, bagaimana kalau orang lain juga terkena imbasnya?
Ironisnya, sebenarnya hal itu bisa dicegah kalau kamu mau menggunakan akal sehat dan pengetahuanmu. Tak heran kalau Imam Al Ghazali menggolongkan bencana akibat kebodohan sebagai musibah terbesar manusia.

4. Hanya yang Bermanfaat

Ilmu pengetahuan itu bukanlah yang dihafal, melainkan yang memberi manfaat. Imam Syafi’i
Mencari ilmu pengetahuan memang penting. Tapi mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari jauh lebih penting lagi.
Coba bayangkan kalau Thomas Alva Edison cuma menyimpan ilmunya di dalam hati dan otaknya sendiri. Bisa-bisa sampai sekarang kita masih pakai lampu teplok atau obor buat melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Keutamaan Mengajarkan Ilmu

Barang siapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. H.R. Muslim
Selain diterapkan di kehidupan nyata, kamu juga sangat disarankan untuk membagikan ilmumu pada orang lain. Jangan pelit-pelit, apalagi khawatir ilmumu bakal berkurang.
Biasanya kalau kamu mengajarkan sesuatu pada orang lain, kamu justru akan lebih mudah mengingatnya. Malah, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan pahala ekstra.
Baca juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Orang Spesial di Hatimu

Kumpulan Motto Hidup Islami dari Al Quran

Kumpulan Motto Hidup Islami - QS Al Insyirah 5 - 6

1. Allah yang Lebih Mengetahui

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. QS Al Baqarah 216
Manusia hanya bisa berencana, tapi Tuhanlah yang menentukan. Meski hasilnya tak sesuai dengan apa yang kamu harapkan, cobalah untuk menerimanya.
Yakinlah, Tuhan adalah sebaik-baik perencana. Apa pun yang direncanakan-Nya untukmu pasti memiliki tujuan dan hikmah tertentu yang bisa kamu ambil pelajaran.

2. Kemudahan Setelah Kesulitan

Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. QS Al Insyirah 5 – 6
Setiap kali kamu dipertemukan dengan kesusahan, ingatlah selalu QS Al Insyirah ayat 5 – 6 ini. Keduanya diturunkan Allah untuk melapangkan dada Nabi Muhammad S.A.W yang saat itu baru saja ditinggal istrinya tercinta, Siti Khadijah, yang meninggal dunia.
Kamu tak salah baca, ayat ini memang diulang sebanyak dua kali. Artinya, sudah ditegaskan kalau di setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan. Sekarang, tinggal bergantung pada dirimu sendiri. Mau putus asa, atau mencari jalan keluarnya?

3. Mengubahnya Sendiri

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. QS Ar Ra’d 11
Kalau tetap mau berputus asa, jangan salahkan siapa-siapa kalau nasibmu terus begitu-begitu saja. Di Al Quran sendiri sudah dijelaskan kalau Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubahnya sendiri.
Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah bangkit kembali dari keterpurukanmu. Jangan sampai jurang keputusasaan membelenggu dan menghalangimu meraih cita-cita.

4. Hanya Sesuai Kesanggupannya

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. QS Al Baqarah 286
Bagaimana kalau cobaan datang menghampiri seakan tak ada habis-habisnya? Apakah kamu tetap nggak boleh putus asa? Mungkin berat. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi yakinlah, Allah tidak akan memberi beban yang melebihi kemampuanmu.
Walaupun dari luar tak terlihat, orang lain juga punya masalahnya masing-masing. Hanya saja, kadarnya mungkin berbeda dari apa yang kamu rasakan. Jadi, jangan pernah merasa kalau kamu sendiri yang menderita.

5. Allah Maha Melihat

Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya? QS Al Alaq 14
Terakhir, ada QS Al Alaq ayat 14 yang akan kami bahas di kumpulan motto hidup Islami ini. Ingatlah selalu ayat ini setiap kali kamu ingin melakukan perbuatan tercela, apa pun itu.
Iya sih, mungkin nggak bakal ada orang lain yang tahu. Tapi, Allah kan Maha Melihat? Apa kamu nggak malu dan nggak takut dosa saat disaksikan oleh Sang Pencipta?
Baca juga: Hiasi Media Sosialmu dengan Caption Keren buat Instagram Ini!

Mana Motto Hidup yang Paling Sesuai Denganmu?

Mana yang paling kamu suka dari kumpulan motto hidup Islami di atas? Adakah favoritmu, atau malah suka dan ingin menerapkan semuanya?
Nggak masalah kalau kamu suka semuanya selama hal itu bisa membuat hidupmu jadi lebih baik. Kamu juga bisa memakainya sebagai motto hidup mahasiswa untuk skripsi agar teman-temanmu juga ikut termotivasi.
Editor: Elsa Dewinta

Komentar

Postingan Populer