Apakah Perbedaan Antara Website dan Blog?

Apakah Perbedaan Antara Website Dan Blog?


Beda website dengan blog – Artikel ini ditulis untuk maksud edukasi, dan tidak untuk menggurui siapapun, hanya berbagi.

Perbedaan Website dengan Blog

Hal pertama yang kita lihat setelah menggunakan internet adalah banyak sekali kita lihat istilah website dan blog di internet.
Mungkin akan terlintas pertanyaan tentang, apa sebenarnya website dan apa sebenarnya blog? Mungkin banyak yang mencampur adukan pemahaman antara satu dengan yang lain.
Perbedaan mendasar antara sebuah website dengan blog adalah, secara teori perbedaanya adalah terletak pada bagaimana sebuah data ditampilkan – atau diformat.

Apakah itu Blog?

Blog pada dasarnya adalah berasal dari kata “web log” yang berarti bahwa penulis menggunakan daftar kronologi dari artikel yang diposting. Konten blog biasanya dengan mudah dimulai dengan layanan seperti WordPress dan Blogger dan anda tidak perlu memulai dari koding untuk membuat blog, cukup pakai template yang ada atau modifikasi sesuai keperluan dan selera.
Blog biasanya berisi konten artikel yang merupakan isi utama, biasanya diurutkan berdasarkan tanggal tulis atau berdasarkan kategori tulisan.
Untuk mengidentifikasi blog, kita biasanya dapat melihat:
  • Urutan kronologis postingan berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun
  • Sistem komentar yang termasuk di dalam artikel, biasanya agar pembaca dapat berpartisipasi dalam komunikasi dan meninggalkan komentar.
  • Blog biasanya diarsipkan sesuai dengan penanggalan, kategori, penulis, dan tag.
  • RSS (Really Simple Syndication) feeds biasanya termasuk di dalam bawaan sistem blog.
Contoh blog:

Apakah itu Website?

Website dapat berarti apapun yang dipresentasikan di internet, dalam format HTML/CSS atau Java/Javascript/Python/PHP beserta databasenya, dan bahasa pemograman lain untuk membangunnya. Sebuah website dapat mungkin juga memiliki sistem blog di dalamnya, atau tanpa blog, tetapi halaman beranda biasanya lebih dikunjungi daripada halaman lainnya dan tidak hanya berisi postingan artikel bertanggal, tetapi berisi posting statis yang biasanya tidak terlalu banyak berubah dari waktu ke watku.
Blog dapat menjadi bagian dari website, dan memiliki halaman depan tidak berisi daftar artikel saja. Website dapat berarti apapun mulai dari single page / satu halaman, lima halaman,  hingga website yang berisi jutaan halaman (contoh: Facebook).
Identifikasi dasar sebuah website:
  1. Memiliki halaman beranda yang menampilkan konten dari beberapa kolom yang termasuk di dalam halaman lain di dalam situs.
  2. Memiliki halaman kontak
  3. Memiliki blog sebagai bagian dari salah satu menu, tetapi tidak selalu.
  4. Memiliki informasi tentang hal-hal yang menjadi konten utamanya, misalnya website tentang villa akan berisi tentang tarif, fasiltas, booking form, dsb.
  5. Memiliki halaman layanan/produk.

Mana yang anda perlukan, blog atau website?

Terlebih dahulu kita tanyakan, apa yang sebenarnya anda perlukan. Pertama tentukan apa yang ingin anda capai dan ingin lakukan. Jika anda bersemangat untuk membuat konten artikel dengan rutin untuk orang lain dapat membacanya anda mungkin memerlukan blog.
Jika anda ingin fitur lengkap dari portal online untuk usaha anda misalnya, atau perusahaan anda, maka anda memerlukan website + blog. Pastikan anda memiliki skill dasar koding sebelum anda memutuskan untuk membuat website sendiri, atau dapat mengoutsource web developer untuk membantu anda membuatkan website. Satu hal yang harus anda tahu adalah platform blog seperti WordPress dapat digunakan sebagai website, dan anda akan mendapatkan kemudahan pengelolaan koten dengan menggunakan koten managemen sistem. Biasanya website yang dibuat dengan WordPress terbantukan dalam hal SEO dan mudah ditemukan di Google jika anda mengikut tata cara yang diinginkan Google.

Masih bingung?

Jika semua jeruk adalah buah, maka seluruh buah bukanlah jeruk. 

Semua blog adalah website, tetapi tidak semua website adalah blog.
Semoga tulisan ini memberikan pencerahan bagi anda tentang perbedaan blog dan website. Jika anda memiliki pertanyaan atau masih belum puas dengan penjelasan artikel silakan menginggalkan komentar di bawah :).

Komentar

Postingan Populer