Kata-Kata Inspirasi Kehidupan untuk Asupan Jiwamu


kata-kata inspirasi kehidupan - 10000 cara
Kata-kata inspirasi bisa jadi salah satu hal yang kamu perlukan ketika sedang jenuh menjalani kehidupan. Ada beberapa kata inspirasi tentang hidup sukses dan cinta yang bisa kamu baca di sini. Siapa tahu setelah membacanya, kamu mendapatkan pencerahan dan akan menjalani hidup dengan lebih bersemangat.
Menjalani hidup memang terkadang menjemukan. Dengan membaca kata-kata inspirasi kehidupan ini, mungkin kamu jadi bisa memandang hidup dari sisi berbeda sehingga mendapatkan penyegaran. Dalam artikel berikut ini ada 25 kutipan kata inspirasi hidup yang bisa kamu baca.
Permasalahan dalam hidup memang beraneka ragam. Entah itu masalah dengan dirimu sendiri maupun dengan orang lain yang seringkali membuatmu menjadi berkecil hati dan sedih. Ya memang itulah yang namanya hidup.
Di sini kamu bisa menemukan kata-kata motivasi hidup sukses dan beberapa kutipan dengan nada jenaka yang menyentil perasaanmu. Bahkan, kata-kata bijak tentang kehidupan cintamu pun ada.
Untuk kamu yang sedang penat menjalani hidup, tak ada salahnya untuk membaca kutipan inspirasi hidup berikut ini. Yuk, langsung saja dibaca!

Kata-Kata Inspirasi Hidup sebagai Motivasi Meraih Sukses

kata-kata inspirasi kehidupan- keberuntungan

1. Berani untuk Melanjutkan

Kesuksesan bukanlah tujuan akhir, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya: keberanian untuk melanjutkanlah yang terpenting. Winston S. Churchill
Kebanyakan orang berpikir bahwa kesuksesan adalah segalanya. Banyak cara dilakukan agar tujuannya tercapai. Karena terlalu berambisi untuk sukses, terkadang orang menjadi lesu ketika mengalami kegagalan.
Padahal, bukanlah seperti itu. Kata-kata inspirasi kehidupan ini mengajarkan kepada kita untuk terus mencoba dan tidak pernah menyerah. Jika kamu berani untuk bangkit lagi dan berusaha, pasti kamu akan mendapatkan jalan.

2. Bekerja Keraslah

Kini aku mengerti bahwa semakin aku bekerja keras, semakin banyak keberuntungan yang kudapatkan. Thomas Jefferson
Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan pepatah bahwa orang pintar akan kalah dengan orang yang beruntung. Akan tetapi, keberuntungan itu juga bisa datang jika kamu mengusahakannya, kok.
Seperti kata-kata inspirasi hidup ini yang mengajarkan bahwa jika berusaha dengan keras, kamu pun bisa menjadi orang yang beruntung. Kesungguhan yang terwujud dalam tindakanmu, akan membuat semesta bekerja sama untuk membantu mewujudkan apa yang kamu inginkan.

3. Bahagia adalah Kunci

Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaanlah kunci kesuksesan. Jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan, maka kamu akan sukses. Albert Schweitzer
Kamu tentu pernah membaca profil seseorang yang telah sukses di suatu bidang, tapi kemudian mundur dan memilih menggeluti bidang lain. Kebanyakan orang pasti akan menyayangkan tindakannya tersebut.
Kata-kata inspirasi kehidupan ini bisa kamu jadikan motivasi untuk terus berkembang dan meraih kesuksesan. Lakukan apapun itu yang benar-benar kamu sukai dan tak perlu peduli apa yang orang lain katakan. Apabila kamu melakukan sesuatu dengan sepenuh hati, pasti semuanya akan tercermin pada tindakanmu dan kamu pun akan menuai hasilnya nanti.

4.  Dari Biasa menjadi Luar Biasa

Kesusahan terkadang menyiapkan orang biasa untuk mendapatkan sebuah tujuan akhir yang luar biasa. C.S. Lewis
Ketika sedang menghadapi masalah, tak jarang kamu mengeluh atau bahkan marah kepada Tuhan. Padahal jika ditelaah lebih dalam lagi, permasalahan yang kamu hadapi ini akan menjadikanmu lebih baik dan kuat dari sebelumnya.
Melalui pos bagus kehidupan ini, kamu diingatkan untuk selalu tetap kuat dan jangan banyak mengeluh. Ibarat main game, setiap naik level pasti membutuhkan keterampilan yang lebih dari sebelumnya. Nah, begitu pula dengan hidup yang selalu menuntutmu untuk menjadi lebih baik lagi pada setiap level kehidupan.

5. Tetaplah Berkembang

Kunci hidup sukses adalah untuk tetap berkembang dalam berbagai aspek kehidupan: mental, emosional, spiritual, dan juga jasmani. Julius Erving
Saat membaca kata-kata inspirasi kehidupan di atas bisa jadi kamu menyimpan tanya di benakmu. Sebenarnya tolok ukur hidup sukses itu yang bagaimana? Apakah bekerja di kantor dengan jabatan yang tinggi atau mempunyai kehidupan yang mewah?
Padahal, materi saja tidaklah cukup untuk dijadikan ukuran kesuksesan seseorang. Selain materi, orang juga harus bertumbuh dari berbagai segi kehidupannya, baik secara mental pun jasmaninya.

Kata-Kata Inspirasi Hidup Bijak yang Lucu

kata-kata inspirasi kehidupan - tak banyak cakap

1. Tersenyumlah

Hidup itu singkat. Tersenyumlah selagi kamu masih punya gigi.
Ada pepatah dari bahasa Jawa yang mengatakan bahwa urip iku mung nunut ngombe. Ya memang hidup sesingkat itu hingga diibaratkan seperti sedang beristirahat sejenak untuk minum.
Karena itu jangan terlalu terpaku pada keadaan yang membuatmu sedih atau terpuruk. Tapi berusahalah tetap tersenyum bagaimanapun keadaannya karena senyum itu adalah ibadah. Seperti kata-kata inspirasi bijak lucu di atas yang mengajakmu untuk terus bahagia dan menebarkan kebahagian selagi kamu masih muda.

2. Tak Usah Banyak Cakap

Kalau kamu ingin mengomentari hidupku, tolong angkat tanganmu lalu gunakanlah untuk menutup mulutmu.
Tak jarang kamu merasa sebal atau marah jika ada orang yang tidak tahu apa-apa tapi berkomentar tentang hidupmu. Kalau mereka mengungkapan kritik yang membangun itu tak jadi masalah. Akan tetapi, kebanyakan orang berkomentar seolah-olah mereka tahu apa yang baik dan tidak, serta menganggap omongannya itu yang paling benar.
Nah, kalau ada orang yang seperti itu, mungkin kata-kata inspirasi hidup bijak di atas bisa kamu gunakan. Bukannya bermaksud tak sopan, hanya saja jika komentar yang keluar dari mulutnya itu tak berguna dan tak memotivasimu untuk jadi lebih baik, bukankan diam saja akan lebih baik.

3. Lebih Baik Membaca Buku

Aku bisa mengatakan bahwa TV sangat mendidik. Saat ia dinyalakan, aku pergi ke perpustakaan dan membaca sebuah buku yang bagus. Groucho Marx
Sangat disayangkan di era modern seperti sekarang ini malah banyak tayangan TV yang kurang mendididik disiarkan. Ada unsur bullying yang dikemas dalam humor yang terkadang malah membuat penonton tak nyaman menyaksikannya. Atau, juga ada tayangan yang malah mendatangkan artis-artis banyak sensasi yang minim prestasi hanya demi mengejar rating tinggi.
Ada baiknya kamu mendengarkan kata-kata inspirasi kehidupan yang bijak dari Groucho Marx satu ini. Jika dirasa memang tayangan TV tersebut tak terlalu berfaedah untukmu, lebih baik kamu membaca buku yang akan menambah pengetahuanmu. Masih ingat kan dengan pepatah bahwa buku adalah jendela dunia?

4. Mendengar, Mengabaikan, dan Melupakan

Aku dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus: aku bisa mendengar, mengabaikan, dan melupakan pada saat yang bersamaan.
Kamu mungkin mengenal satu atau dua orang yang sangat suka membanggakan dirinya sendiri. Jika sedang berkumpul bersama dan mengobrol pasti yang mereka ceritakan adalah dirinya, dirinya, dan dirinya. Ingin selalu didengarkan dan tidak pernah memberikan kesempatan pada yang lain untuk berbicara.
Jika kamu sedang bersama orang seperti itu ada baiknya kamu sindir dia dengan kata bijak lucu ini, biar dia sedikit sadar saja. Apa salahnya sih bertukar cerita dan mendengarkan orang lain juga. Karena dunia ini berputar tak hanya pada dirinya saja.

5. Kamu Bukan Sekotak Cokelat

Kamu tidak bisa membuat semua orang bahagia karena kamu bukanlah sekotak cokelat.
Pernah tidak kamu dimintai tolong oleh seseorang dan merasa tak enak jika menolaknya? Apalagi jika orang tersebut datang kepadamu saat ada butuhnya saja. Jika menolak, kamu akan merasa bersalah dan takut mereka marah hingga akhirnya kamu tetap menyanggupinya.
Dari kata-kata inspirasi kehidupan ini mengajarkan bahwa kamu tidak perlu selalu membuat orang lain merasa bahagia. Hal tersebut terkadang malah akan membebani dirimu sendiri. Jadi, jika kamu merasa tak sanggup tak apa mengatakan tidak kepada orang lain.

Kata-Kata Inspirasi Hidup Bijak agar Lebih Semangat

kata kata inspirasi kehidupan - tidak perlu murung

1. Beribu Cara

Aku tidak gagal. Hanya saja aku menemukan 10.000 cara yang ternyata tidak berhasil. Thomas A. Edison
Siapa sih yang tak tahu dengan seorang penemu bola lampu, Thomas Alva Edison? Ia melakukan puluhan ribu eksperimen untuk menciptakan lampu yang akhirnya dikembangkan hingga bisa kita gunakan sampai saat ini. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika penemu asal Inggris memutuskan untuk berhenti dan tak melanjutkan hanya karena beberapa kali menemui kegagalan?
Kata-kata bijak ini patut untuk selalu kamu ingat jika kamu sedang patah semangat saat merasa hidupmu gagal. Merasa sedih itu wajar, tapi jangan takut untuk memulai lagi. Layaknya alfabet, jika rencana a yang kamus susun gagal, kamu masih mempunyai 25 cara lain yang masih belum kamu coba.

2. Hari Baru Semangat Baru

Ketika kamu bangun di pagi hari, itu merupakan sebuah tanda bahwa kamu bisa mendapatkan tujuan hidupmu lebih baik daripada hari kemarin.
Seringkali kita terlalu terpaku memikirkan kemalangan atau kegagagalan yang terjadi pada hari kemarin. Hal itu membuat kita merasa bahwa hari esok tak akan ada artinya dan hidup terasa sama saja.
Kita lupa bahwa setiap pagi ketika kita bangun itu merupakan sebuah anugerah. Tak perlulah meratapi yang sudah-sudah. Kamu tidak pernah terlambat untuk memulainya lagi dari awal.

3. Berdoa dengan Penuh Keyakinan

Bila kamu berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa do’amu akan terkabul. HR Ahmad
Salah satu kata-kata inspirasi hidup bijak islami yang singkat ini mengajarkan kita untuk berusaha dan tetap berdoa dengan sepenuh hati. Jangan mudah berputus asa jika doamu belum dijawab.
Perlu kamu ingat bahwa jawaban atas doamu adalah “Ya dan tunggu”. Jika Allah menjawab “Ya” maka doamu pasti akan terkabul saat itu juga. Tetapi, jika Ia masih menjawab “Tunggu”, bersabarlah karena kamu akan diberikan yang lebih baik dari apa yang kamu minta.

4. Tak Perlu Murung

Hanya karena kamu membutuhkan waktu sedikit lama dari yang lain, bukan berarti kamu gagal. Ingat itu.
Dilema ini mungkin banyak terjadi ketika kamu masih menjadi lulusan baru dan sedang mencari kerja. Kamu sudah berusaha untuk mencari pekerjaan yang sesuai bidang dan minatmu, tapi tak kunjung mendapatkannya. Sedangkan, waktu terus berputar dan teman-temanmu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang mereka inginkan.
Tak ayal, hal itu membuatmu semakin berkecil hati. Jika kamu merasa demikian, ingatlah kata-kata inspirasi kehidupan ini. Tak apa lajumu lebih lambat dari yang lainnya karena setiap orang mempunyai waktunya masing-masing untuk bersinar.

5. Tetap Melangkah

Tidak penting seberapa lambat Anda bergerak selama Anda tidak berhenti. Confucius
Jika kamu sedang mencari pertanda untuk tak merasa rendah diri karena pencapaiannmu belum maksimal, kata-kata inspirasi kehidupan dari Confucius inilah tandanya. Kamu tentu familiar dengan pepatah dari bahasa Jawa yang berbunyi alon-alon asal kelakon, kan? Ya, seperti itulah hidup.
Tak perlu terburu-buru, kalau memang belum waktunya ya kamu memang diharuskan bersabar. Tidak masalah kamu bergerak lambat, yang terpenting kamu tidak berhenti maka tujuanmu pasti akan tercapai.
Baca juga: 35 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Orang Spesial di Hatimu

Kata-Kata Inspirasi Hidup tentang Kehidupan Cinta

kata-kata inspirasi kehidupan - alasan

1. Berani itu Kuncinya

Jika kamu mencintai seseorang, beranilah untuk mengatakannya atau kamu harus cukup berani untuk melihatnya dicintai oleh orang lain.
Cinta memang membutuhkan keberanian. Kalau kamu menyukai seseorang tapi tak pernah mengatakannya bagaimana ia akan tahu? Maka dari itu, kumpulkan keberanianmu dan bilang padanya tentang perasaanmu.
Urusan cintamu bersambut itu urusan belakangan, yang penting kamu sudah berani mengungkapkannya. Daripada kamu menyesal tak pernah mengucapkannya dan kesempatanmu hilang jika ia sudah bersama orang lain. Siapa tahu selama ini ia juga menunggumu.

2. Tak Ada yang Namanya Kebetulan

Kamu tidak bertemu dengan seseorang karena kebetulan. Akan selalu ada alasannya, entah itu sebagai anugerah maupun pelajaran.
Mungkin kamu entah sekali atau dua kali pernah menyesal karena mengenal seseorang. Kemudian kamu pun berpikir bagaimana jadinya kalau aku tidak pernah bertemu dengannya? Akankah hidupmu lebih baik?
Namun, perlu kamu tahu bahwa pasti ada suatu alasan mengapa kamu dipertemukan dengan seseorang. Kata-kata inspirasi kehidupan ini bisa kamu jadikan sebagai pencerahan untuk tak mendendam ataupun menyesal. Jika kamu bertemu dengan orang yang baik berarti ia adalah anugerah untukmu. Apabila tidak, maka jadikan ia sebagai pembelajaran hidup.

3. Apalah Arti Jarak

Jarak tak berarti apa-apa jika seseorang begitu berharga bagimu.
Entah karena urusan pendidikan ataupun pekerjaan, mau tidak mau kamu diharuskan tinggal berjauhan dengan kekasih hatimu. Tak masalah berpisah ribuan jarak dengannya sementara waktu. Toh, itu semua juga untuk masa depan kalian berdua.
Apabila kamu memang benar-benar mencintai seseorang, jarak bukanlah penghalang. Malah itu akan melatih kepercayaan satu sama lain dan membuat hubungan kalian semakin kuat.

4. Cintai Ketidaksempurnaanya

Kamu tidak mencintai seseorang karena ia sempurna, kamu mencintainya meski dengan ketidaksempurnaannya. Jodi Picoult, My Sister’s Keeper
Apabila sedang dimabuk asmara, kamu pasti berpikir bahwa pasanganmu adalah orang yang sempurna. Padahal yang namanya manusia tidak ada yang sempurna. Bisa saja ia melakukan kesalahan atau masih mempunyai banyak kekurangan.
Melalui salah satu kata-kata inspirasi hidup yang diambil dari film terkenal ini kamu diingatkan bahwa pasanganmu pun demikian. Jika kamu sudah mengetahui ketidaksempurnaanya, tak berarti kamu bisa meninggalkannya begitu saja. Karena cinta yang murni adalah yang mau menerima pasangan apa adanya tanpa menuntut untuk menutupi kekurangannya.

5. Ketika Melihatmu Bahagia

Kamu tahu, ini disebut cinta saat hal yang paling kamu inginkan adalah untuk membuatnya bahagia, meskipun kamu tidak menjadi bagian dari kebahagiannya.
Selain perjuangan, cinta juga membutuhkan pengorbanan. Apalagi ketika kalian sudah tak sejalan dan mantan pasanganmu sudah menemukan kebahagian barunya. Kata-kata inspirasi kehidupan ini bisa dijadikan sebagai pengingat jika kamu masih belum rela untuk melepaskannya.
Apabila kamu memang benar mencintainya, kamu pun akan bahagia ketika ia telah bahagia bersama orang lain. Percayalah, suatu hari nanti kamu akan merengkuh kebahagianmu sendiri.
Baca juga: Kata-Kata Perpisahan untuk Sahabat Tersayang yang Mengharukan

Kata-Kata Inspirasi Hidup untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

kata-kata inspirasi - cintai dirimu sendiri

1. Belajar dari Bunga

Bunga tidak pernah berpikir untuk bersaing dengan bunga lain di sekitarnya. Ia mekar begitu saja.
Jika kamu berjalan-jalan di taman, kamu tentu akan menjumpai banyak bunga cantik yang bermekaran. Walau mempunyai berbagai perbedaan, tapi masing-masing dari mereka tetap terlihat indah dan unik.
Nah, seharusnya seperti itulah manusia. Setiap manusia diciptakan berbeda sesuai bakat dan keunikannya masing-masing. Jadi, tak perlu membanding-bandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, oke?

2. Aku Mencintai Diriku Apa Adanya

Dirikulah yang seharusnya aku cintai di dunia ini. Meskipun aku tidak sempurna, tapi inilah aku. BTS, Epiphany
Kamu mungkin pernah terjebak dalam situasi di mana kamu menjalin sebuah hubungan yang salah dan mantan pasanganmu membuatmu merasa kecil. Memang, jika direndahkan terus menerus, seseorang akan berpikiran bahwa dirinya memanglah tidak pantas. Tak mudah memang untuk mengembalikan kepercayaan dalam diri dan mencintai diri sendiri lagi setelah apa yang dialami.
Tapi kamu harus tetap semangat dan mencoba untuk mencintai dirimu sendiri. Tak perlu keras terhadap diri sendiri, sekeras apapun berusaha manusia tak akan pernah bisa jadi sempurna. Sungguh dalam ya makna kata-kata inspirasi kehidupan yang diambil dari lirik lagu boyband asal Korea Selatan ini?

3. Seberapa Lama

Dan apabila aku bertanya tentang hal yang kamu cintai, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyebutkan dirimu sendiri?
Aku mencintai pekerjaanku, aku mencintai pasanganku, atau aku mencintai hewan peliharaanku adalah beberapa jawaban yang kamu lontarkan ketika ditanya mengenai apa yang kamu cintai. Tapi, pernahkan jawaban mencintai diri sendiri terlintas di benakmu? Mungkin jawabannya tidak.
Kita begitu mudahnya mencintai orang lain, tapi entah mengapa begitu sulit untuk mencintai diri kita sendiri. Kata inspirasi hidup tentang mencintai diri sendiri di atas membuat kita menjadi tersadar. Jika bukan kita yang mencintai diri sendiri, lalu siapa lagi?

4. Tak Ada yang Instan

Butuh waktu lama bagiku untuk tidak menilai diriku sendiri melalui penilaian orang lain. Sally Field
Terkadang kamu terlalu keras kepada diri sendiri karena tidak bisa memenuhi ekspektasi orang lain. Karena terlalu sibuk mendapatkan pengakuan dan penilaian dari orang-orang hingga tak sadar kamu malah kehilangan dirimu sendiri. Ironis, kan?
Melalui kata-kata inspirasi kehidupan tersebut kamu bisa belajar untuk berhenti mencari pengakuan orang lain dan fokuslah untuk mengembangkan dirimu. Karena jika tidak, hidupmu tak akan tenang dan akan selalu merasa terbebani dan bisa saja kamu malah membenci dirimu. Memang mencintai diri sendiri membutuhkan proses yang panjang, tapi perlahan-lahan jika kamu tetap mencobanya pasti bisa.

5. Berteman dengan Diri Sendiri

Jika kamu berteman baik dengan dirimu sendiri, kamu tidak akan pernah merasa sendirian.
Seringkali kamu mungkin merasa kesepian saat tak ada seorangpun yang menemani. Pertemanan memang identik hubungan antara dua orang atau lebih yang sama-sama nyaman. Padahal kamu bisa menjadi teman bagi dirimu sendiri, lho.
Jika kamu nyaman dengan dirimu sendiri maka akan ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sendiri misalnya pergi piknik sendirian. Belajarlah menghargai dan berteman dengan dirimu sendiri. Dengan mencintai dirimu sendiri kamu akan lebih mencintai hidup, begitulah kiranya yang dimaskud oleh kata-kata inspirasi hidup di atas.
Baca juga: Caption Bijak untuk Instagram untuk Membangkitkan Semangat Positifmu

Kata-Kata Inspirasi Kehidupan Mana yang Paling Menyentuh Hatimu?

Itulah beberapa kata inspirasi hidup yang bisa kamu gunakan untuk menyegarkan pikiranmu. Dari beberapa kutipan tersebut, manakah yang menjadi favoritmu? Apakah dari Thomas Alva Edison, BTS, atau yang lainnya?
Semoga ada yang menemukan jawaban dari masalah yang tengah dihadapi setelah membaca kutipan tersebut. Atau paling tidak, kamu menjadi lebih fresh dan siap menghadapi hidup dengan semangat yang baru.

Komentar

Postingan Populer